prinsip kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi(PLTP)

prinsip kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi(PLTP) - Hallo sahabat Info Techno, Pada sharing kali ini yang berjudul prinsip kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi(PLTP), saya akan mencoba menjelaskan tentang informasi seputar perkembangan teknologi dan Starup di dunia. Dan saya juga akan berusaha memberikan informasi secara lengkap dan jelas. Dan mudah-mudahan isi postingan atau artikel ini yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan dapat anda pahami.

Judul : prinsip kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi(PLTP)
Link : prinsip kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi(PLTP)

lihat juga


prinsip kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi(PLTP)

Cara kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi(PLTP)

prinsip kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi

Pengertian Panas bumi
Energi panas bumi adalah salah satu sumber daya alam yang berupa air panas atau uap yang terbentuk melalui pemanasan secara alami.

Sejarah PLTP
Sejak paleolithikum manusia telah menggunakan energi ini dan bangsa romawi menggunakan panas ini sebagai penghangat ruangan. Bahkan tak kalah dengan manusia, monyet-monyet di jepang sudah menggunakannya untuk menghangatkan diri.
kemudian pada awal abad ke-19, penggunaan geothermal secara modern mulai berkembang. Sejak 70 tahun yang lalu di Islandia, geothermal telah digunakan untuk penggunaan langsung seperti pemanasan rumah, pemanasan rumah kaca, dll. Dan pada tahun 1904, Italia menemukan kegunaan geothermal untuk pembangkit listrik.@Di indonesia, eksplorasi ini telah dimulai pada tahun 1918 di kamojang, jawa barat. Tahun 1926-1929 di mulai pengeboran sumur dan didapatkan sumber uap kering. Salah satu sumur yang masih ber-operasi adalah KMJ-3.@Di dunia, sekitar 10,750 MW listrik mengalir di 24 negara. Dan sekitar 28 Gigawatt seperti pemanas ruangan, proses industri, desalinasi, dan agrikultur.

Dari mana geothermal/panas bumi berasal?
Di indonesia, geothermal terbentuk akibat proses tektonik lempeng. Di indonesia, 3 lempeng tektonik aktif bergerak di indonesia, yaitu; lempeng eurasia, lempeng pasifik, dan lempeng indo-Australia. Tumbukan antar tiga lempeng tektonik ini telah memberikan pembentukan energi panas bumi yang sangat penting di indonesia. Pada akhirnya indonesia termasuk zona subduksi, dimana pada zona ini terjadi penunjakan di sekitar Pulau Sumatra, Jawa-Nusa Tenggara, Maluku, dan Sulawesi. Lempeng tektonik merupakan pemgalir panas dari inti bumi sehingga banyak sekali geothermal yang dapat didirikan pada zona lempeng tektonik. Pada di zona ini juga terbentuk gunung api yang berkonstribusi pada reservoir panas di Pulau Jawa yang menempati batuan vulkanik.@Panas ini mencapai 5000 derajat celsius lebih. Dua penyebab inti bumi itu panas adalah tekanan yang begitu besar karena gravitasi bumi mencoba mengkompres atau menekan materi, sehingga bagian yang tengah menjadi paling terdesak. Bumi mengandung banyak bahan radioaktif seperti Uranium-238, Uranium-235 dan Thorium-232. Bahan-bahan radioaktif ini membangkitkan jumlah panas yang tinggi. Panas tersebut dengan sendirinya berusaha mengalir keluar, akan tetapi ditahan oleh mantel bumi yang mengelilinginya. Dipermukaan bumi sering terdapat sumber-sumber air panas, bahkan sumber uap panas. Panas itu datangnya dari batu-batu yang meleleh atau atau magma yang menerima panas dari inti bumi. Memperlihatkan secara skematis terjadinya sumber uap, yang biasanya disebut fumarole atau geyser serta sumber air panas.@Magma yang terletak di dalam lapisan mantel bumi, memanasi batu padat. Diatas batu padat terletak suatu lapisan batu berpori, yaitu batu yang mempunyai banyak lubang kecil. Bila lapisan batu berpori ini berisi air, air itu turut dipanaskan oleh lapisan batu padat yang panas itu. Maka akan menghasilakan air panas terbentuk uap. Bila diatas lapisan batu berpori terdapat satu lapisan batu padat, maka lapisan batu berpori berfungsi sebagai boiler. Uap dan juga air panas bertekanan akan berusaha keluar.
Gejala panas bumi pada umumnya tampak dipermukaan bumi berupa mata air panas, fumarola, geyser dan sulfatora. Dengan jalan pengeboran, uap alam yang bersuhu dan tekanan tinggi dapat diambil dari dalam bumi.

Hal-hal yang perlu mendapat perhatian dalam pemilihan teknologi penggunaan energi panas bumi untuk dikonversikan menjadi energi listrik antara lain:
  1. Temperatur, Fluida panas bumi bertemperatur lebih dari 225 derajat celcius telah lama digunakan untuk pembangkit listrik. Temperatur sedang antara 150-225 derajat celcius.
  2. Cadangan sumberdaya hingga 15-30 tahun kedepan.
  3. Kualitas Uap, diharapkan yang memiliki pH hampir netral, karena bila pH sangat rendah(asam), maka laju korosi terhadap material akan lebih cepat.
  4. Kedalaman sumur dan kandunagn kimia biasanya tidak terlalu dalam(tidak lebih dari 3km). Lokasi relatif mudah dicapai.
  5. Kemungkinan terjadinya erupsi hydrothermal relatif rendah. Produksi fluida panas dari dalam perut bumi dapat meningkatkan resiko terjadinya erupsi hydrothermal.
     
Ciri-ciri geologi daerah panas bumi
  1. Sumner panas : magma yang memiliki temperatur 700 derajat celsius.
  2. Bed rock: Lapisan batuan keras sebagai lapisan batuan penutup.
  3. Cap rock: Lapisan batuan keras sebagai lapisan batuan penutup.
  4. Aquifer(Lapisan Permeabel Zone) merupakan lapisan yang mampu dialiri oleh air. Lapisan ini sebagai reservoir.
  5. Water Replishment: Sebagai air penambah.
  6. Surface Manifestation yaitu: Gejala-gejala yang muncul di permukaan bumi(kawah, air, panas, greyser, gunung berapi, dll).
  7.  
Cara kerja Pembangkit listrik tenaga panas bumi(PLTP)
  1. Air disuntikan/dimasukkan ke dalam perut bumi, dimana terdapat sumber panas alami melalui injektor.
  2. Air akan mengalami pemanasan dan menjadi uap bertekanan dan keluar melalui sumur produksi.
  3. Uap yang keluar masih menggunakan air sehingga harus dilakukan pemisahan antara uap dan air pada separator.
  4. Dari sini uap kering akan menuju turbin dan selanjutnya menjalankan generator untuk digunakan sebagai pembangkit listrik, sedangkan airnya akan menuju kembali ke injektor.
  5. Setelah uap menyelesaikan tugasnya menggerakkan turbin, maka akan menuju kondensor untuk dijadikan air kembali. Air dari kondensor akan didinginnkan pada tangki pendingin melalui sistem pendinginan udara, untuk selanjutnya air dapat diinjeksikan kembali pada sumur injeksi.
Baca juga: cara kerja pembangkit listrik tenaga uap
Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda#30

Sumber: Diway-5454.blogspot.co.id, rakhman
net dan godamaiku.blogspot.co.id


Demikianlah Artikel prinsip kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi(PLTP)

Sekian Artikel yang saya buat prinsip kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi(PLTP), mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan artikel kali ini.

Anda sedang membaca artikel prinsip kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi(PLTP) dan artikel ini url permalinknya adalah https://google-abcd.blogspot.com/2016/08/prinsip-kerja-pembangkit-listrik-tenaga-panas-bumi-PLTP.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "prinsip kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi(PLTP)"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali !