Cara kerja pembangkit listrik tenaga uap

Cara kerja pembangkit listrik tenaga uap - Hallo sahabat Info Techno, Pada sharing kali ini yang berjudul Cara kerja pembangkit listrik tenaga uap, saya akan mencoba menjelaskan tentang informasi seputar perkembangan teknologi dan Starup di dunia. Dan saya juga akan berusaha memberikan informasi secara lengkap dan jelas. Dan mudah-mudahan isi postingan atau artikel ini yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan dapat anda pahami.

Judul : Cara kerja pembangkit listrik tenaga uap
Link : Cara kerja pembangkit listrik tenaga uap

lihat juga


Cara kerja pembangkit listrik tenaga uap

Cara kerja pembangkit listrik tenaga uap


cara kerja pembangkit listrik tenaga uap

Pengertian
Pembangkit listrik tenaga uap(PLTU) adalah salah satu pembangkit listrik di dunia, yang mana mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik.@Bentuk utama dari pembangkit listrik dari pembangkit listrik jenis ini adalah menggunakan generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari uap panas/kering.

Dari mana untuk mendapatkan uap?
untuk mendapatkan/membuat uap dibutuhkan 2(dua hal), yaitu:
1. Panas
Terus dari mana mendapatkan panas?Pembangkit listrik tenaga uap menggunakan berbagai macam bahan kimia, seperti bahan bakar minyak dan batu bara yang digunakan untuk menghasilkan panas.
2. Air
Pembangkit listrik tenga uap menggunakan air, dengan cara siklus sirkulasi secara tertutup. Siklus tertutup artinya menggunakan air yang sama secara berulang-ulang. Sehingga tidak perlu menambahkan air lagi.
Jadi uap dihasilkan dengan cara memanaskan air dengan gas panas hasil pembakaran bahan bakar atau batu bara.

Cara kerja PLTU
Cara kerja Pembangkit Listrik Tenaga Uap adalah sebagai berikut:
  1. Energi kimia dalam bahan bakar diubah menjadi energi panas dalam bentuk gas bertekanan dan temperatur.
  2. Air masuk ke boiler hingga penuh. Kemudian di boiler, air ini dipanaskan dengan gas panas yang dihasilkan dari hasil pembakaran bahan bakar atau batu bara sebelumnya.
  3. Uap hasil boiler dengan tekanan dan temperatur tertentu, diarahkan untuk memutar turbin turbin sehingga menghasilkan daya mekanik berupa putaran.
  4. Generator yang dihubungkan energi listrik langsung dengan turbin berputar menghasilkan energi listrik sebagai hasil dari perputaran medan magnet dalam kumparan, sehingga ketika turbin berputar dihasilkan energi listrik dari terminal out put generator.
  5. Uap bekas turbin keluar dari turbin kemudian masuk ke kondensor untuk didinginkan dengan air pendingin, agar uap berubah kembali menjadi air yang disebut air kondensat. Air kondensat hasil kondensasi uap kemudian digunakan lagi sebagai air pengisi boiler.(menggunakan siklus air tertutup, air digunakan secara terus-menerus, dari air diubah menjadi uap dan diubah lagi menjadi air, sehingga tidak perlu memberi atau menambah air lagi.
Cara uap memutar turbin sebenarnya hampir sama dengan pembangkit listrik tenaga angin yaitu menggunakan zat berwujud gas. Bedanya kalau pembangkit listrik tenaga angin menggunakan angin, sedangkan pembangkit listrik tenaga uap menggunakan uap untuk memutar turbin.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda#26

Sumber: Wikipedia


Demikianlah Artikel Cara kerja pembangkit listrik tenaga uap

Sekian Artikel yang saya buat Cara kerja pembangkit listrik tenaga uap, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan artikel kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara kerja pembangkit listrik tenaga uap dan artikel ini url permalinknya adalah https://google-abcd.blogspot.com/2016/08/cara-kerja-pembangkit-listrik-tenaga-uap.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara kerja pembangkit listrik tenaga uap"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali !