Jack Ma, dulu laki-laki miskin sekarang terkaya no 2 di china karena bisnis online"From Zero to Hero"

Jack Ma, dulu laki-laki miskin sekarang terkaya no 2 di china karena bisnis online"From Zero to Hero" - Hallo sahabat Info Techno, Pada sharing kali ini yang berjudul Jack Ma, dulu laki-laki miskin sekarang terkaya no 2 di china karena bisnis online"From Zero to Hero", saya akan mencoba menjelaskan tentang informasi seputar perkembangan teknologi dan Starup di dunia. Dan saya juga akan berusaha memberikan informasi secara lengkap dan jelas. Dan mudah-mudahan isi postingan atau artikel ini yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan dapat anda pahami.

Judul : Jack Ma, dulu laki-laki miskin sekarang terkaya no 2 di china karena bisnis online"From Zero to Hero"
Link : Jack Ma, dulu laki-laki miskin sekarang terkaya no 2 di china karena bisnis online"From Zero to Hero"

lihat juga


Jack Ma, dulu laki-laki miskin sekarang terkaya no 2 di china karena bisnis online"From Zero to Hero"

Perjuangan Nyata Jack Ma Menjadi Orang Terkaya di China "From Zero to Hero"

kisah perjuangan Jack ma

Kisah Jack ma adalah kisah nyata yang menginspirasi banyak orang. Yang awalnya seorang laki-laki miskin yang berubah menjadi kaya raya. Ia dibesarkan dalam sebuah komunitas orang miskin di Tiongkok.
Jack Ma( alias Ma Yun) lahir pada tanggal 15 oktober 1964 di Hangzhou(bagian tenggara Tiongkok). Dia memiliki seorang kakak laki-laki dan adik perempuan. Dia dan saudara-saudaranya tumbuh dalam keluarga kurang mampu dan yang saat itu Tiongkok komunis semakin terisolasi dari Barat.

Walaupun kurus, Jack Ma sering berkelahi dengan teman sekelasnya. "Aku tidak pernah takut lawan yang lebih besar dari pada aku", kenangnya. Ma memiliki hobi sama seperti anak-anak lainnya, dia suka mengumpulkan jangkrik dan mempertarungkannya.

Setelah presiden Amerika serikat Richard Nixon mengunjungi Hangzhou padan tahun 1972, kampung halaman Jack Ma menjadi tujuan wisata yang ramai. Inilah kesempatan baginya, sebagai seorang remaja. Sebagai seorang remaja, Ma mulai bangun pagi untuk mengunjungi hotel utama kota dan menawarkan jasa penerjemah bahasa kepada pengunjung kota tersebut. Inilah awal mula julukan Jack melekat pada dirinya sebagai pemberian dari seorang turis yang berteman baik dengannya.


Tak punya uang dan juga tidak punya koneksi, maka satu-satunya cara yang bisa Ma lakukan untuk bisa maju adalah PENDIDIKAN. Setelah SMA, dia memutuskan untuk kuliah. 


Dia pernah gagal ujian masuk dua kali, namun berkat usahanya yang keras dengan belajar lebih giat, ia akhirnya lulus ujian ketiga dan resmi menjadi mahasiswa Hangzhou Treacher's Institute(Sebuah perguruan tinggi khusus bidang pendiidikan) dan dia lulus pada tahun 1988 dan mulai melamar pekerjaan dibeberapa tempat perusahaan. Dengan menggunakan Gelar Sarjana Bahasa inggris.


Dan akhirnya dia dipekerjakan sebagai guru bahasa inggris di sebuah sekolah lokal. Ma sangat mencintai murid-muridnya dan menikmati pekerjaan sebagai guru, walaupun dia hanya digaji $12 setiap bulannya. Ma bekerja sebagai seorang guru bahasa inggris selama 5 tahun. Dalam jangka waktu tersebut, dia terus mencoba mencari pekerjaan baru dan mencoba peruntungan di beberapa perusahaan.

Dia pernah melamar di 30 perusahaan, dan semuanya ditolak. Jack ma tidak pernah mendapatkan pekerjaan di 30 perusahaan tersebut. Kemudian Ma melamar ke restoran cepat saji(KFC), dan dari 24 pelamar di KFC, hanya Ma yang ditolak bekerja di KFC. Dia juga pernah melamar perusahaan perhotelan hingga polisi kota. Namun Ma sepertinya terlahir sebagai seorang pebisnis dan memulai bisnis pertamanya di tahun 1995 dengan mendirikan sebuah perusahaan jasa penerjemah bahasa. Dia kemudian diterima disebuah perusahaan penerjemah bahasa ternama di tiongkok yang kemudian berhasil membawanya untuk terbang ke Amerika Serikat.

Begitu tiba di Amerika, salah satu seorang rekannya asal seattle menunjukan betapa hebatnya kekuatan internet, dan dia ingin menggunakannya sebagai ladang hidupnya
Ma tidak memiliki pengalaman dengan komputer maupun koding, tapi ia terpikat oleh internet ketika ia menggunakannya untuk pertama kalinya saat perjalanan ke Amerika serikat pada tahun 1995. Saat itu, dia baru saja memulai bisnis jasa penerjemah dan melakukan perjalanan untuk membantu pemulihan pembayaran perusahaan china. Saat pertama kali, hal yang dia cari dalam pencarian online adalah "bir", tapi di terkejut ketika tidak ada bir Tiongkok yang muncul dalam hasil pencarian tersebut. Saat itulah ia memutuskan untuk membangun sebuah perusahaan internet di Tiongkok.


Wajahnya berseri-seri dan sangat bersemangat ketika dia pulang kerumah dan menunjukan ke rekannya dan berencana untuk menjalankan bisnis starup. Meskipun idenya tidak banyak mendapatkan dukungan dari teman-temannya, Ma tidak menyerah begitu saja dan memulai membuat "China Pages", sebuah situs online directory bagi pengusaha lokal mendapatkan pelanggan dari luar negeri. Namun bisnisnya tersebut gagal, Ma pun terpaksa menutup bisnisnya.

Meski pada awal bisnisnya, Ma mengalami kegagalan sebanyak dua kali, Ma tidak menyerah begitu saja, kemudian empat tahun kemudian dia mencoba bisnis serupa dengan sebelumnya di tahun 1999 dengan mendirikan Alibaba.com dan berhasil mengumpulkan 17 teman-temannya diapartemen dan meyakinkan mereka untuk berinvestasi pada dirinya dan visinya dalam menciptakan sebuah pasar online yang kemudian dia beri nama "Alibaba", situs tersebut memuat banyak produk dari para exportil yang memungkinkan pelanggan dapat membeli langsung melalui situs tersebut (di indonesia seperti tokopedia, bukalapak, olx, lazada dll).

Dengan cepat layanan tersebut mulai menarik anggota dari seluruh dunia. Investor mulai berdatangan. Pada bulan oktober 1999, perusahaan tersebut telah mengumpulkan $5 juta dari Golden Sachs dan 20$ dari SoftBank, sebuah perusahaan telekomunikasi Jepang juga berinvestasi di perusahaan-perusahaan teknologi. Itu adalah sebuah pencapaian yang luar biasa bagi sebuah perusahaan starup. Ma kemudian mengajak lebih banyak lagi perusahaan potensial untuk bergabung bersamanya dan di tahun 2002 dia berencana mengalahkan e-commerce raksasa, eBay. Dengan bantuan dari SoftBank, Ma mengembangkan bisnisnya dengan membuat sebuah situs khusus bagi pelanggan e-commerce, bernama "Taobao" yang berarti mencari harta karun(dalam bahasa Tiongkok).
Taobao diluncurkan pada juli 2003 dan Ma menggratiskan semua peng-iklan. Taobao tumbuh begitu pesat dan berhasil mengalahkan eBay di Tiongkok, kemudian eBay mencoba untuk mendekatinya dan ingin membeli Taobao, namun Ma menolaknya. Ma lebih memilih untuk bekerja sama dengan Jerry Yang(Co-founder yahoo) untuk melancarkan aksinya dan menguatkan bisnisnya dalam dunia pasar modal.

Visi utama saya adalah membangun sebuah e-commerce yang mudah digunakan bagi kedua belah pihak antara pelanggan dan pelaku bisnis saat melakukan transaksi secara online. Saya ingin menciptakan jutaan lapangan pekerjaan, mengubah lingkungan ekonomi dan sosial di Tiongkok dan menjadikan Tiongkok sebagai pasar internet terbesar di dunia.

10 tahun kemudian Ma berhasil melebarkan bisnisnya dan menjadikan Taobao sebagai website nomor 1 di Tiongkok dan masuk jajaran 25 besar website di dunia yang paling sering dikunjungi dan memiliki total transaksi lebih dari $240 juta pada tahun 2013. Saat ini Taobao telah tersebar di lebih dari 240 negara di dunia dan telah melayani lebih dari 79 juta anggotanya.

Tim yang dibentuknya menjadi tim yang solid dan bejiwa juang yang tinggi, "Kita akan menciptakan karena kita akan masih muda dan kita tidak akan pernah menyerah", Seru Ma kepada timnya.

Dia selalu menumbuhkan dan menjaga suasana menyenangkan di Alibaba. Ketika perusahaannya untuk pertama kalinya mendapatkan keuntungan, Ma memberikan setiap karyawannya sekaleng Silly String dan menggila bersama mereka. Pada awal tahun 2000-an, ketika perusahaan memutuskan untuk memulai Taobao(diciptakan untuk menyaingi eBay, dia terkadang mengambil alih pekerjaan timnya dan memberikan mereka istirahat supaya energi mereka tetap prima.


Pada tahun 2005, yahoo membeli 40% saham Alibaba, dengan nilai sebesar 1$ miliar. Angka ini dinilai sangat besar untuk Alibaba. Pada saat itu amunisi ini digunakan untuk mencoba mengalahkan eBay di Tiongkok, dan akhirnya jika menang, hal akan memberikan keuntungan yang besar untuk yahoo(asumsikan keuntungan: $10 miliar dalam IPO Alibaba sendiri).

Ma ngundirkan diri dari jabatan sebagai CEO pada tahun 2013, dan memilih menjadi ketua eksekutif Alibaba. "Hari ini apa yang kita punya bukanlah uang, apa yang kita punya adalah kepercayaan dari orang-orang", kata Ma.
Dalam daftar perusahaan oleh Amerika, Alibaba tercatat sebagai perusahaan pertama yang memiliki $150 miliar IPO dalam sejarah Bursa Efek New York. Hal inilah yang mengantarkan Ma menjadi orang terkaya di tiongkok, dengan nilai kekayaan sekitar US $25 miliar.


Karyawan Alibaba membuat pesta besar di kantor pusat perusahaan, Hangzhou dalam rangka merayakan keberhasilan Alibaba. Salah satu karyawan bahkan menggunakan pesta tersebut sebagai kesempatan yang sempurna untuk melamar.

Ma mengatakan pada karyawannya pada konferensi pers bahwa ia berharap mereka menggunakan kekayaan beru mereka untuk menjadi "Sekumpulan orang-orang yang benar-benar mulia, orang-orang yang mampu membantu orang lain, baik hati dan bahagia".
IPO mungkin memang telah membuat Ma menjadi orang yang sangat kaya, namun ia belum melakukan pembelian yang mencolok, dan masih memiliki beberapa hobi yang cukup sederhana. "Saya tidak berpikir dia banyak berubah, ia masih dengan gayanya yang lama", xiao-ping chen, seorang teman Ma, kepada USA today. Dia suka membaca dan menulis ceriata fiksi kung fu, bermain poker, bermeditasi, dan berlatih tai chi. Dia bahkan telah bekerja sama dengan Jet Li untuk menyebarluaskan pentingnya kesadaran tai chi, dan ia membawa serta pelatih bersamanya ketika melakukan perjalanan.

Ma mengembang ketertarikannya pada environmentalism ketika seorang anggota keluarga dari istrinya jatuh sakit dengan penyakit yang Ma duga disebabkan oleh polusi. Dia mengambil kursi di Dewan Global The Nature Conservancy, dan berpidato pada seisi Clinton Global Initiative september tahun ini. Dia juga berperan dalam pendanaan 27.000 hektar cagar alam di china.

Ma menjaga keluarganya dari sorotan publik. Dia menikah dengan Zhang Ying, seorang guru yang ia temui di sekolah. Setelah mereka lulus pada akhir tahun 80-an. "Dia bukanlah seorang pria yang tampan, tapi aku jatuh hati kepadanya karena dia bisa melakukan banyak hal yang pria tampan tidak bisa lakukan", Kata Zhang(istri Ma). Mereka memiliki dua anak perempuan dan seorang anak laki-laki yang merupakan mahasiswa tingkat akhir di UC Berkeley. Ma juga mengaudit kelas sejarah diperguruan tinggi anaknya itu.

Dia memiliki sifat boros. Pada Maret 2013, Alibaba dilaporkan menghabiskan $49.700.000 untuk membeli pesawat Gulfstream G550 yang sebagian besar untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan Ma.

Ma adalah semacam selebriti di Tiongkok, dan kerumunan orang akan datang untuk mendengarkan dia berbicara.

Perusahaan juga menyelenggarakan taleny show tahunan, Ma adalah seorang penghibur alami. Pada acara ulang tahun perusahaan, dia berpakaian seperti seorang punk rocker untuk tampil di depan 20.000 karyawan Alibaba.

Asal nama "Alibaba" lahir saat Ma sedang duduk di warung kopi San Fransisco. Perusahaan Ma dengan caranya telah membuka potensi usaha kecil dan menengah di seluruh dunia.

Pesan- Pesan Jack Ma Terutama Buat Generasi Muda:
  1. Sebelum kalian ber-usia 20 tahun, Jadilah pelajar yang baik.
  2. Sebelum kalian ber-usia 30 tahun, Ikitlah dengan seseorang, dan bergabunglah di perusahaan kecil. Kenapa Jack Ma menyarankan kita masuk ke perusahaan kecil?, bukan besar!, menurut Jack Ma, perusahaan besar bagus untuk belajar proses, dan kita akan menjadi bagian dari sebuah mesin yang besar. Tapi saat kita bergabung dengan perusahaan kecil, kita akan mempelajari gairahnya, dan impiannya, dan kita akan belajar banyak hal.
  3. Jika kalian ber-usia 30-40 tahun. Berfikirlah apakah kita mau bekerja untuk diri sendiri atau orang lain?. Maksud Jack Ma adalah kita harus membuka usaha sendiri, atau bekerja untuk orang lain dan menggantungkan penghasilan kita di tempat orang lain. Tapi tidak harus usia 30 tahun, lebih cepat lebih baik.
  4. Jika kalian ber-usia 40-50 tahun. Kalian harus mengerjakan sesuatu dimana kalian ahli di bidang tersebut. Maksudnya, jika kita memiliki bisnis, kita harus fokus dengan bisnis yang kita buka. Jangan sekali-sekali pindah ke bidang yang lain, sebelum berhasil. Kalau kita pindah kebidang yang lain sebelum berhasil di bidang sebelumnya, ini akan menyebabkan kita akan terlambat dam ketinggalan dengan teman kita yang sudah finish duluan. Kalau kita pindah ke bidang yang lain, sebelum berhasil dibidang sebelumnya, kita mungkin bisa saja berhasil, namun tingkat kemungkinan untuk gagal terlalu besar.
  5. Jika kalian ber-usia 50-60 tahun. Bekerjalah untuk generasi muda lainnya. Jika kita memiliki bisnis, kita harus mencari pengganti kita, orang kepercayaan kita yang nantinya bisa menjalankan perusahaan kita dan membuat perusahaan kita lebih maju, walaupun kita sudah tiada nantinya.
  6. Jika kalian ber-usia 60 keatas, kalian harus meluangkan waktu kalian untuk diri kalian sendiri. Kita harus meluangakan waktu kita sendiri dan untuk keluarga. Terutama untuk kita sendiri, yang sudah lelah selama bertahun-tahun telah mengurus bisnis yang kita buka. Dan inj mungkin saatnya kita menikmati masa tua dengan berleha-leha, dengan bisnis yang sudah diurus oleh orang kepercayaan kita sendiri.
Perbedaan Jack Ma dulu
dan
Jack Ma sekarang


semoga mengispirasi
dan
selamat berjuang



Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda#24


Sumber : Kaskus


Demikianlah Artikel Jack Ma, dulu laki-laki miskin sekarang terkaya no 2 di china karena bisnis online"From Zero to Hero"

Sekian Artikel yang saya buat Jack Ma, dulu laki-laki miskin sekarang terkaya no 2 di china karena bisnis online"From Zero to Hero", mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan artikel kali ini.

Anda sedang membaca artikel Jack Ma, dulu laki-laki miskin sekarang terkaya no 2 di china karena bisnis online"From Zero to Hero" dan artikel ini url permalinknya adalah https://google-abcd.blogspot.com/2016/08/jack-ma-dulu-laki-laki-miskin-sekarang-orang-terkaya-di-china.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Jack Ma, dulu laki-laki miskin sekarang terkaya no 2 di china karena bisnis online"From Zero to Hero""

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali !