Cara Kerja GPS secara jelas dan lengkap

Cara Kerja GPS secara jelas dan lengkap - Hallo sahabat Info Techno, Pada sharing kali ini yang berjudul Cara Kerja GPS secara jelas dan lengkap , saya akan mencoba menjelaskan tentang informasi seputar perkembangan teknologi dan Starup di dunia. Dan saya juga akan berusaha memberikan informasi secara lengkap dan jelas. Dan mudah-mudahan isi postingan atau artikel ini yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan dapat anda pahami.

Judul : Cara Kerja GPS secara jelas dan lengkap
Link : Cara Kerja GPS secara jelas dan lengkap

lihat juga


Cara Kerja GPS secara jelas dan lengkap

Cara Kerja GPS dengan Jelas dan Detail

konsep dan prinsip kerja GPS

GPS atau Global Positioning System adalah sistem navigasi berbasis satelit yang terdiri dari 24 jaringan satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke bumi yang ditempatkan di orbit bumi. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain; GLONASS dari Rusia, Galileo dari Uni Eropa, dan IRNSS dari India.

GPS pada awalnya ditujukan untuk keperluan militer, yang mana sistem ini dikembangkan oleh Dapertemen Pertahanan Amerika Serikat, dengan nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS(NAVSTAR bukan singkatan dan akronim) yang diberika oleh John Walsh. Namun pada tahun 1980-an pemerintah membuat sistem yang tersedia untuk penggunaan sipil. GPS bekerja dalam kondisi apapun dan dimana pun 24 jam sehari.

Baca juga: Cara kerja sms

Disetiap daerah yang ada dibumi ini akan dijangkau oleh 3-4 satelit. Akan tetapi, satelit dapat bekerja secara maksimal tergantung kondisi langit yang cerah dan juga tidak ada halangan, sehingga akurasinya juga akan semakin tinggi.

Satelit GPS berputar mengelilingi bumi selama 12 jam di orbit bumi dan mengirimkan sinyal informasi yang akurat ke bumi. GPS receiver mengambil informasi itu dengan menggunakan perhitungan "Triangulation" menghitung lokasi user dengan tepat.
GPS Reseiver membandingkan waktu sinyal di kirim dengan waktu sinyal tersebut diterima. Dari informasi tersebut dapat diketahui berapa jarak satelit. Dengan perhitungan jarak, GPS Reseiver dapat melakukan perhitungan dan menentukan posisi user dan menampilkan dalam maps.

Sebuah GPS Reseiver harus mengunci sinyal minimal 3(tiga) satelit untuk menghitung posisi 2D(Latitude dan Longitude) dari pergerakan user(tracking). Jika GPS receiver dapat menerima empat atau lebih satelit, maka hal itu dapat menentukan posisi 3D(Latitude, Longitude, dan Altitude). Jika sudah dapat menentukan posisi user, selanjutnya GPS dapat menghitung informasi lain, seperti kecepatan, arah yang dituju, jalur, tujuan perjalanan, jarak tujuan, matahari terbit dan matahari terbenam serta masih banyak lagi.

Baca juga: Pengertian, kegunaan dan cara kerja telepon satelit

Satelit GPS dalam mengirim informasi waktu sangat presisi karena satelit tersebut memakai jam atom. Jam atom yang ada pada satelit jalan menggunakan partikel atom yang di isolasi, sehingga dapat menghasilkan jam yang jauh lebih akurat dari jam biasa.
Perhitungan waktu yang akurat sangat menentukan informasi lokasi kita, selain itu, semakin banyak sinyal satelit yang dapat diterima maka akan semakin presisi data yang diterima karena ketiga satelit mengirim Pseudo-random dalam waktu yang sama.

Cara kerja GPS

Ketinggian GPS Receiver itu benar-benar sangat menguntungkan dalam mendukung proses kerja GPS, karena semakin tinggi satelit, maka semakin bersih atmosfer, sehingga gangguan semakin sedikit dan orbit yang cocok dalam perhitungan matematika yang lebih presisi. Satelit harus tetap pada posisi yang tepat sehingga stasiun di bumi harus memonitor setiap pergerakan satelit.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda#18

Sumber: Wikipedia dan wirasetiawan.worspres.com


Demikianlah Artikel Cara Kerja GPS secara jelas dan lengkap

Sekian Artikel yang saya buat Cara Kerja GPS secara jelas dan lengkap , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan artikel kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Kerja GPS secara jelas dan lengkap dan artikel ini url permalinknya adalah https://google-abcd.blogspot.com/2016/08/cara-kerja-gps-secara-jelas-dan-lengkap.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Kerja GPS secara jelas dan lengkap "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali !