Cara kerja sms singkat padat dan jelas

Cara kerja sms singkat padat dan jelas - Hallo sahabat Info Techno, Pada sharing kali ini yang berjudul Cara kerja sms singkat padat dan jelas, saya akan mencoba menjelaskan tentang informasi seputar perkembangan teknologi dan Starup di dunia. Dan saya juga akan berusaha memberikan informasi secara lengkap dan jelas. Dan mudah-mudahan isi postingan atau artikel ini yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan dapat anda pahami.

Judul : Cara kerja sms singkat padat dan jelas
Link : Cara kerja sms singkat padat dan jelas

lihat juga


Cara kerja sms singkat padat dan jelas

Prinsip kerja SMS(Short Massage Service) 

Cara kerja SMS secara singkat padat dan jelas
Gambaran singkat cara kerja SMS
Pengertian
SMS atau Short Massage Service adalah layanan pesan pendek(dasar) telekomunikasi seluler yang tersedia pada jaringan GSM atau CDMA. Sebagai layanan dasar, tentu saja SMS ini dapat digunakan pada berbagai jenis HandPhone. Layanan ini banyak digunakan masyarakat karena memiliki keunggulannya tersendiri. Selain mudah, layanan ini juga bisa mengirim ke banyak penerima sekaligus pada saat bersamaan. Baiklah. Saya akan mencoba menjelaskan prinsip kerja secara dasar SMS dengan singkat, padat dan jelas. Seperti judul blog ini.

Berikut adalah prinsip dasar SMS, ada 3(tiga) bagian yaitu:
  1. Pengirim SMS dan penerima SMS dalam satu operator(Intra-Operator-SMS). ketika SMS dikirim ke suatu nomor, SMS tidak langsung dikirim ke nomor penerima, namun akan masuk terlebih dahulu ke SMS Centre (SMSC) operator telepon yang anda gunakan. SMS Centre sendiri dapat diartikan sebagai sebuah server yang bertanggung jawab pada proses pengiriman SMS dalam suatu operator. SMS yang dikirim sebuah ponsel akan masuk SMSC ini dengan bantuan jaringan tower(berfungsi untuk menjembatani hubungan tersebut), kemudian baru diteruskan ke nomor tujuan dengan bantuan tower jaringan. Bila nomor tujuan ternyata sedang mati, SMSC ini akan menyimpan SMS tersebut. Lamanya waktu penyimpanan tergantung dari kebijakan operator untuk menyimpan SMS tersebut. Nomor yang telah menerima SMS akan mengirim akan otomatis mengirim laporan ke SMSC bahwa SMS telah diterima oleh penerima. Laporan tersebut juga akan diteruskan kembali ke nomor pengirim SMS disertai status laporan dari proses pengirim SMS tersebut.
  2. Pengirim SMS dan Penerima SMS berbeda operator(Inter-Operator SMS). Berbeda dengan Intra-Operator di atas. Pada mekanisme ini, SMS yang dikirimkan akan melewati dua buah SMSC. SMS pengirim akan masuk ke SMSC operator pengirim, kemudian diteruskan ke SMSC operator penerima SMS, lalu baru diteruskan ke nomor tujuan(penerima SMS). Laporan bahwa SMS diterima pun akan melalui jalur tersebut, agar dapat sampai ke nomor pengirim SMS. Dalam cara kerja ini, secara tidak langsung ada sebuah komunikasi antara dua operator yang berbeda. Komunikasi tersebut terjadi setalah terjadi sebuah kesepakatan kerja sama antar dua operator tersebut. Tidak adanya kesepakatan kerja sama antar operator tersebut, menyebabkan SMS yang dikirimkan ke nomor tujuan yang operatornya berbeda, tidak akan sampai ke nomor tujuan tersebut.
  3. Pengirim SMS dan Penerima SMS berbeda negara. Proses pengiriman SMS ini sering disebut dengan istilah SMS internasional. Mekanisme ini tidak jauh beda dengan mekanisme pada interoperator SMS. Perbedaan hanya pada SMSC nomor pengirim dan SMSC nomor penerima, yang tentu saja adalah SMSC operator luar negeri, dan penambahan kode negara pada nomor tujuan tersebut.
Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda#16

Sumber: Informatika.Web.Id



Demikianlah Artikel Cara kerja sms singkat padat dan jelas

Sekian Artikel yang saya buat Cara kerja sms singkat padat dan jelas, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan artikel kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara kerja sms singkat padat dan jelas dan artikel ini url permalinknya adalah https://google-abcd.blogspot.com/2016/08/cara-kerja-sms-singkat-padat-dan-jelas.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara kerja sms singkat padat dan jelas"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali !