cara kerja dan pengertian autofocus kamera

cara kerja dan pengertian autofocus kamera - Hallo sahabat Info Techno, Pada sharing kali ini yang berjudul cara kerja dan pengertian autofocus kamera, saya akan mencoba menjelaskan tentang informasi seputar perkembangan teknologi dan Starup di dunia. Dan saya juga akan berusaha memberikan informasi secara lengkap dan jelas. Dan mudah-mudahan isi postingan atau artikel ini yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan dapat anda pahami.

Judul : cara kerja dan pengertian autofocus kamera
Link : cara kerja dan pengertian autofocus kamera

lihat juga


cara kerja dan pengertian autofocus kamera

Cara Kerja dan Pengertian Autofocus kamera


pemgertian dan macam-macam autofocus

Pengertian
Autofocus adalah fitur yanag sudah umum digunakan pada kamera digital. Fitur ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas dan ketajaman foto yang diambil, baik dari kamera digital konvensional maupun kamera digital ponsel.
Di kamera digital konvensional, untuk membuat focus tersebut bekerja dengan membuat lensa bergerak maju atau mundur, sehingga gambar objek yang diambil menjadi setajam mungkin jika diproyeksikan pada lapisan film.

Jika di kamera digital ponsel, autofocus merupakan fitur otomatis yang membuat pengambilan foto semudah mungkin, fitur tersebut berisi:
  • Film advance otomatis.
  • Flash otomatis.
  • Exposure otomatis.
Cara kerja
Terdapat dua jenis autofocus, yaitu autofocus aktif dan autofocus pasif. Beberapa kamera memiliki kombinasi dari kedua tipe tersebut, umumnya, kamera murah menggunakan sistem aktif, sedangkan kamera mahal seperti SLR(Single Lens Reflex) menggunakan kamera dengan sistem pasif.

Autofocus Aktif
Ada beberapa jenis autofocus aktif, yaitu:
  1. Infrared autofocus yang akan mengeluarkan cahaya merah sebelum mengambil foto, jadi kamera memiliki infrared(inframerah), ketika kamera digunakan, kamera akan menembakkan cahaya merah ke objek yang ada didepannya, dan cahaya yang ditembakkkan tersebut akan akan kembali untuk memberitahu berapa jarak objek yang ada didepannya.
    prinsip dan cara kerja autofokus

    Dengan menggunakan Rumus kecepatan(v)=jarak(s) : waktu(t), untuk mencari jarak maka rumus jarak(s)=kecepatan(v) x waktu(t), kecepatan cahaya sudah diketahui(kecepatan cahaya=300km/s). Untuk mencari waktu(t) dengan cara menghitung waktu yang dibutuhkan cahaya dari kamera ke objek dipantulkan kembali ke kamera dibagi 2(dibagi 2 karena arahnya bolak balik). Setelah jarak diketahui, maka focus kamera akan menyesuaikan dengan jarak yang sudah ditentukan. Menggunakan autofocus ini sangat cepat karena menggunakan kecepatan cahaya(300km/s). Tetapi autofocus jenis ini tidak bisa digunakan ditempat yang gelap, sehingga memerlukan cahaya untuk mengambil focus. Maka dari itu kamera saku digital, ketika ingin mengambil gambar dimalam hari dalam mode auto, mereka biasa menembakkan Blitz hingga dua kali, pertama untuk membantu infrared autofocus dalam mengambil focus, kedua baru untuk membantu mengambil gambar yang dihasilkan agar terang.
  2. Laser autofocus, kamera akan menembakkan cahaya laser. Prinsipnya sama dengan infrared focus, yaitu menembakkan cahaya laser ke objek yang ada di depan, kemudian memantulkannya kembali. Bedanya kalau menggunakan laser autofocus bisa bekerja di kegelapan. Karena laser autofocus dapat bekerja tanpa bantuan cahaya. Laser autofocus juga tidak menembakkan cahaya tidak hanya satu titik saja, tapi terdiri dari beberapa laser yang ditembakkan kearah miring untuk mendapatkan jarak focus yang cukup lebar.

    prinsip kerja dan cara kerja auto fokus
    Umumnya digunakan di kamera yang mengunakan kamera fix seperti poket kamera atau kamera smartphone.
  3. Ultrasonic autofocus. Perbedaan ultrasonik autofocus dengan yang lainnya adalah kecepatannya, yang mana kecepatan ultrasonik autofocus ratusan mil/jam, sedangkan laser autofocus dan infrared autofocus mampu mencapai kecepatan ratusan mil/detik.
Autofocus Pasif
utofocus jenis ini menggunakan "phase detection", dimana penetapan jarak objek ke subjek dengan menggunakan komputer(aplikasi/software dengan menggunakan penghitungan logaritma). Kamera akan mencari pandangan dan menggerakkan lensa hingga ke focus terbaik.


Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda#27


Demikianlah Artikel cara kerja dan pengertian autofocus kamera

Sekian Artikel yang saya buat cara kerja dan pengertian autofocus kamera, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan artikel kali ini.

Anda sedang membaca artikel cara kerja dan pengertian autofocus kamera dan artikel ini url permalinknya adalah https://google-abcd.blogspot.com/2016/08/cara-kerja-jenis-jenis-dan-pengertian-autofocus.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "cara kerja dan pengertian autofocus kamera"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali !