Sejarah awal mula berdirinya yahoo oleh perjuangan Jerry yang dan perkembangannya

Sejarah awal mula berdirinya yahoo oleh perjuangan Jerry yang dan perkembangannya - Hallo sahabat Info Techno, Pada sharing kali ini yang berjudul Sejarah awal mula berdirinya yahoo oleh perjuangan Jerry yang dan perkembangannya , saya akan mencoba menjelaskan tentang informasi seputar perkembangan teknologi dan Starup di dunia. Dan saya juga akan berusaha memberikan informasi secara lengkap dan jelas. Dan mudah-mudahan isi postingan atau artikel ini yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan dapat anda pahami.

Judul : Sejarah awal mula berdirinya yahoo oleh perjuangan Jerry yang dan perkembangannya
Link : Sejarah awal mula berdirinya yahoo oleh perjuangan Jerry yang dan perkembangannya

lihat juga


Sejarah awal mula berdirinya yahoo oleh perjuangan Jerry yang dan perkembangannya

Sejarah awal mula berdirinya yahoo oleh perjuangan Jerry yang dan perkembangannya


Sejarah awal mula berdirinya yahoo oleh perjuangan Jerry yang dan perkembangannya

yahoo! Pada awalnya hanyalah semacam Bookmark (Petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni dari Universitas Stanford yaitu Jerry Yang dan David Filo mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet, yang memang mereka mempunyai kebiasaan dan kegemaran yang sama yaitu menjelajah (Surfing) di internet. Pada saat melakukan kegiatan surfing di internet, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sesuatu yang mereka butuhkan di internet (Saat itu belum ada mesin pencari atau Search Engine. Mereka tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengkompilasi sebuah daftar Bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subjek. Yang fungsinya hanya untuk sebagai penunjuk untuk situs-situs lain. Kemudian mereka berpikir untuk memasukkannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.


Pada bulan Februari 1994, mereka mulai mengumpulkan link-link (Alamat Website) dengan membuat indeks atas situs-situs website favorit mereka. Kemudian link-link alamat berupa daftar list website yang mereka buat sudah terlalu banyak, sehingg mereka harus membaginya menjadi kategori-kategori. Dan juga dibuat sub-sub kategori. Itulah awal mula konsep dari pembuatan yahoo!.
Pada awalnya mereka membuat itu hanya digunakan untuk kepentingan pribadi saja. Akan tetapi, dikarenakan indeks situs yang mereka buat banyak digunakan oleh orang lain untuk menyusuri situs website yang dibutuhkan, dan karena pengunjung yahoo! Semakin banyak, maka mereka membuatnya menjadi database yang teratur dan mengembangkan semacam software mesin pencari untuk menjalankannya.
Pada saat itu, merem belum memiliki modal, sehingga mereka memanfaatkan server milik universitasnya untuk melakukan kegiatan ini. Data disimpan di server-server kampus mereka. Tidak butuh waktu yang lama, bahkan belum sampai 6 bulan situs mereka mendapat sambutan yang luar biasa dari pengguna internet.

Pada bulan April 1994, Bookmark yang tadinya diberi nama "Jerry and David's Guide to World Wide Web" di ganti menjadi yahoo!, yang mana berasal dari kata "Yet Another Hierarchical Officious Oracle". Mereka memilih kata tersebut karena mereka menyukai definisi umum dari kata tersebut, yang mana berasal dari novel "Gulliver's Travels" karya Jonathan Swift: "Ride (kuat), Unsophisticated (Sederhana), dan Uncouth (kasar)". Akan tetapi nama "yahoo" sesungguhnya sudah lebih dulu dipatenkan jadi merek produk saus barbekyu serta perahu karet oleh perusahaan lain. Inilah penyebab kenapa Jerry Yang dan David Filo terpaksa memberikan suatu tanda seru "!" Sehingga menjadi "Yahoo!". Meskipun demikian, sinyal seru itu kerap diabaikan waktu orang menyebut yahoo (tanpa tanda seru "!"). Dan pada tahun ini juga situs mereka mulai mendapatkan rekor Hit sebanyak 1 juta dalam sehari. Dan akibat membuat infrastruktur jaringan komputer di universitas terbebani traffic yang sangat besar, sehingga para pejabat universitas meminta keduanya untuk menyewa server di luar kampus untuk menjalankan bisnis mereka itu.

Pada tanggal 18 Januari 1995, Domain yahoo.com dibuat. Karena Jerry Yang dan David Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini.

Pada tanggal 1 Maret 1995, yahoo diresmikan sebagai badan hukum. Dan seperti kebanyakan mesin pencari (Search Engine) pada web, yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Situs merekapun mulai terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat. Dan berkat itulah munculnya beberapa perusahaan yang berniat untuk melakukan investasi di yahoo!. Dan juga pada tahun ini yahoo! juga menjalin kerjasama bisnis dengan para pemilik lembaga modal ventura di Silicon Velley. Beberapa perusahaan tersebut antara lain adalah Apple Computer, Atari, Oracle dan Cisco System. Sebagai langkah awal, Jerry Yang dan David Filo memperoleh dana sebesar $2 juta. Selanjutnaya, untuk lebih meningkatkan performa perusahaan, keduanyapin pum memutuskan untuk menunda kelulusan program Doktornya. Merekapun mengajak beberapa tokoh ternama untuk bergabung dengan yahoo!. Di antaranya adalah Tim Koogle yang diangkat sebagai CEO serta Jeffrey Mallet (Pendiri Novell's) sebagai COO. Koogle sendiri merupakan alumni dari jurusan engineering di Universitas Standford dan mantan pegawai Motorola. Berikutnya, yahoo mendapat suntikan dana kedua dari Reuters Ltd dan SOftbank.


Pada bulan 1996, yahoo! Berhasil memperoleh nilai IPO sangat tinggi dengan total pegawai hanya sebanyak 49 orang.

Pada akhir tahun 1990-an, yahoo!, MSN (Search Engine milik Microsoft), Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba-lomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.

Pada bulan Juli 2012, yahoo mendapatkan seorang CEO baru yang merupakan mantan salah satu petinggi saingan mereka (Google), yaitu Marissa Mayer.


Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali#66


Sumber:
Wikipedia.org
share-all-time.blogspot.com
rizkiregina.blogspot.com
asal-usul-motivasi.blogspot.com
beritateknologi.com
beritakami95.blogspot.com


Demikianlah Artikel Sejarah awal mula berdirinya yahoo oleh perjuangan Jerry yang dan perkembangannya

Sekian Artikel yang saya buat Sejarah awal mula berdirinya yahoo oleh perjuangan Jerry yang dan perkembangannya , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan artikel kali ini.

Anda sedang membaca artikel Sejarah awal mula berdirinya yahoo oleh perjuangan Jerry yang dan perkembangannya dan artikel ini url permalinknya adalah https://google-abcd.blogspot.com/2016/12/sejarah-awal-mula-berdirinya-yahoo-dan-perkembangannya.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Sejarah awal mula berdirinya yahoo oleh perjuangan Jerry yang dan perkembangannya "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali !