Pengertian dan cara kerja telepon satelit serta kegunaanya

Pengertian dan cara kerja telepon satelit serta kegunaanya - Hallo sahabat Info Techno, Pada sharing kali ini yang berjudul Pengertian dan cara kerja telepon satelit serta kegunaanya, saya akan mencoba menjelaskan tentang informasi seputar perkembangan teknologi dan Starup di dunia. Dan saya juga akan berusaha memberikan informasi secara lengkap dan jelas. Dan mudah-mudahan isi postingan atau artikel ini yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan dapat anda pahami.

Judul : Pengertian dan cara kerja telepon satelit serta kegunaanya
Link : Pengertian dan cara kerja telepon satelit serta kegunaanya

lihat juga


Pengertian dan cara kerja telepon satelit serta kegunaanya

Yang Dimaksud dengan Telepon Satelit dan Cara Kerjanya


yang dimaksud dengan telepon satelit serta cara kerja dan kegunaannya

Telepon Satelit adalah suatu layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kebel yang menempatkan BTS(pemancar sinyal, seperti tower jaringan yang ada di darat dan satelit di udara) pada udara, sehingga memiliki jangkauan yang lebih luas jika dibandingkan dengan telepon seluler yang berjalan pada jalur GSM maupun CDMA uang yang menempatkan BTS-nya di darat.@Jika telepon seluler mampu melakukan panggilan dari satu negara ke negara lain, maka telepon satelit mampu melakukan panggilan menuju ke laut lepas, yang mana di laut lepas tidak terjangkau sama sekali oleh adanya sinyal yang dipancarkan oleh BTS yang di darat. Dan juga di laut lepas tidak ada BTS di laut.@Penggunaan telepon satelit sangat berguna bagi kita yang berada pada sebuah daerah pedalaman, pegunungan, hingga laut lepas untuk kepentingan pengeboran minyak.@Kali ini saya akan mencoba menjelaskan cara kerja telepon satelit untuk melakukan panggilan menggunakan BTS yang berada di udara, yang mana tidak menggunakan infrastruktur yang ada di Bumi.
Tapi sebelum saya menjelaskan tentang cara kerja telepon satelit, ada baiknya jika anda mengetahui jenis-jenis telepon satelit.
Jenis-jenis telepon satelit ada dua, yaitu:
  1. Telepon Satelit Genggam, Telepon Satelit in merupakan telepon satelit yang jangkauannya lebih luas dan harus tetap berada pada luar ruangan. Biasanya jenis telepon ini digunakan oleh petualang, pertolongan darurat dan daerah bencana.
  2. Telepon Satelit Menetap, telepon satelit ini berbeda dengan telepon satelit sebelumnya. Telepon ini bisa anda gunakan dalam rumah karena memang terpasang di dalam rumah yang antena dari rumah ini telah terpasang diluar rumah
Cara kerja Telepon Satelit
Cara kerja dari telepon satelit ini pada dasarnya hampir sama dengan cara kerja dari telepon seluler dalam melakukan panggilan, namun perbedaannya teletak pada sinyal penggilannya, jika telepon seluler memancarkan sinyal panggilannya kepada sinyal pemancar lalu mengarah ke telepon tujuan, sedangkan pada telepon satelit harus mengirimkan sinyalnya menuju luar angkasa yang nantinya sinyal tersebut akan ditangkap oleh satelit, yang nantinya satelit akan mengirimkan sinyalnya kembali menuju antena telepon satelit di bumi. Maka dari itu antena untuk telepon satelit tidak boleh terhalang oleh apapun.@Untuk melakukan panggilan menggunakan satelit sama seperti melakukan panggilan pada telepon seluler biasanya, pengguna tinggal memasukkan nomor tujuan, lalu tekan tombol call, yang nantinya telepon satelit akan menemukan satelit yang paling dekat dengan telepon asal, lalu mengirim informasi tersebut.@Ketika mengirim sinyal dari luar angkasa le bumi, satelit yang menerima informasi panggilan akan mengirimkan panggilan kepada mesin penerima panggilan yang berada di bumi yang paling dekat menggunakan sebuah Gateway(alat untuk menghubungkan jaringan komputer satu ke jaringan komputer lain). Gateway ini akan mencoba meneruskan panggilan, jika pengiriman informasi panggilan tadi gagal, gateway akan mengirimkan sinyal itu kambali ke satelit terdekat yang akan melanjutkan panggilan hingga mencapai salah satu gateway yang mampu melacak penerima. Hal ini tidak hanya terjadi sekali, namun bisa berkali-kali tergantung seberapa jauh lokasi penerima panggilan ini.@Dan di proses terakhir dari panggilan internet ini adalah gateway yang berhasil menerima sinyal panggilan dari satelit tadi akan mengubah format panggilan agar bisa diterima oleh telepon seluler. Jika koneksi dari pengubah format ini belum terbentuk, maka panggilan dari pemanggil kepada penerima tidak akan bisa terlaksana.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda#17

Sumber: Plimbi.com


Demikianlah Artikel Pengertian dan cara kerja telepon satelit serta kegunaanya

Sekian Artikel yang saya buat Pengertian dan cara kerja telepon satelit serta kegunaanya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan artikel kali ini.

Anda sedang membaca artikel Pengertian dan cara kerja telepon satelit serta kegunaanya dan artikel ini url permalinknya adalah https://google-abcd.blogspot.com/2016/08/pengertian-dan-cara-kerja-telepon.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Pengertian dan cara kerja telepon satelit serta kegunaanya"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali !