pengalaman menggunakan operating system dari PC sampai Mobile

pengalaman menggunakan operating system dari PC sampai Mobile - Hallo sahabat Info Techno, Pada sharing kali ini yang berjudul pengalaman menggunakan operating system dari PC sampai Mobile, saya akan mencoba menjelaskan tentang informasi seputar perkembangan teknologi dan Starup di dunia. Dan saya juga akan berusaha memberikan informasi secara lengkap dan jelas. Dan mudah-mudahan isi postingan atau artikel ini yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan dapat anda pahami.

Judul : pengalaman menggunakan operating system dari PC sampai Mobile
Link : pengalaman menggunakan operating system dari PC sampai Mobile

lihat juga


pengalaman menggunakan operating system dari PC sampai Mobile

Pengalaman saya menggunakan Sistem Operasi dari PC (Windows) sampai Mobile (Java, Windows Phone, Android)
Pengalaman saya menggunakan Sistem Operasi dari PC (Windows) sampai Mobile (Java, Windows Phone, Android)

Sebelum saya menjelaskan atau menceritakan pengalaman saya dalam menggunakan berbagai Sistem Operasi (Operating System) mulai dari Sistem operasi komputer sampai Sistem operasi mobile, alangkah baiknya jika anda mengetahui apa yang dinamakan Sistem Operasi (Operating System). Berikut saya akan mencoba untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan Sistem operasi (Operating System) dan fungsinya.

Pengertian
Sistem operasi (Operating System) adalah komponen perangkat lunak (Software) atau program utama yang memiliki tugas untuk mengatur hardware dan software (Aplikasi) dan juga sebagai perantara antara hardware dengan software (Aplikasi). Bisa di katakan sistem operasi memiliki tugas inti atau utama, seperti mengakses ke disk, mengatur memori RAM (ketika beberapa aplikasi berjalan di perangkat secara bersamaan), mengatur pemprosesan data, peyimpanan data, mengatur penjadwalan penggunaan CPU dan sumber daya lainnya. Sehingga aplikasi yang berjalan tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas tersebut. Sehingga aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Dan Yang mana ketika perangkat (PC/Mobile) dinyalakan, sistem operasi berjalan di memori internal atau Hardisk(PC), berbeda dengan aplikasi yang berjalan di memori RAM. Aplikasi-aplikasi dapat berjalan jika sistem operasi sudah berjalan. Dan tanpa sistem operasi komputer tidak dapat dijalankan.

Berikut adalah fungsi-fungsi Sistem operasi
  1. Resource Manager, merupakan pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya, Contoh: Mengatur memori RAM, CPU, Disk Drive dan perangkat lainnya ketika menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, sehingga tidak saling mengganggu perangkat lain.
  2. Interface (halaman utama) atau yang biasa disebut dengan "Tatap Muka", yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang lebih mudah di pahami dan bersahabat (User Friendly).
  3. Coordinator, dalam hal ini sistem operasi berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang kompleks dengan perangkat lunak (aplikasi) yang sedang dijalankan agar dapat berjalan sesuai dengan urutan yang benar. Selain mengatur aktivitas perangkat lunak (aplikasi), sistem operasi juga bertugas untuk mengatur atau mengelola semua aktivitas yang berhubungan dengan hardware baik input maupun output device.
  4. Guardian, hal ini di maksudkan bahwa salah satu fungsi atau tugas dari sistem operasi adalah untuk memegang kendali proses, melindungi file dan memberi batasan pada pembacaan dan penulisan serta eksekusi data dan program. Sistem operasi juga dapat berfungsi sebagai pengatur tentang siapa saja yang dapat mengakses file, program dan sistem yang ada di komputer kita.
  5. Gate Keeper, berfungsi sebagai pengendali hak akses oleh pengguna yang mengendalikan siapa saja yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
  6. Optimizer adalah penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunaan.
  7. Accountant berfungsi untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.
  8. Server berfungsi untuk melayani atau menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seorang pengguna (User).
  9. Interpretasi, sistem operasi berfungsi sebagai penerjemah perintah perintah dan instruksi-instruksi antara user dan sistem sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan User (Pengguna).
Baiklah, karena saya sudah menjelaskan secara panjang lebar apa yang dinamakan dengan sistem operasi, maka sesuai dengan janji saya. Saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang pengalaman saya menggunakan sistem operasi komputer (Windows) sampai sistem operasi ponsel (Symbian, Windows Phone, Android). Berikut adalah pengalaman saya:

Sistem Operasi Komputer (Windows)
Windows xp
saya pertama kali menggunakan komputer yang yang memiliki sistem operasi Windows xp sekitar pada tahun 2010. Ketika itu karena masih pada awal-awalnya saya memegang dan menggunkan teknologi yang dinamai "komputer", saya merasa nyaman dan juga betah dengan Interface-nya (tampilannya) dan juga kinerja komputer yang memiliki sistem operasi Windows xp. Tetapi, ketika saya sudah mengenal dan terbiasa menggunakan komputer yang memiliki versi sistem operasi yang lebih baru yaitu Windows 7, saat saya menggunkan komputer yang memiliki sistem operasi Windows xp, saya merasa interface Windows xp sangat membosankan (mungkin karena unsur klasiknya) tampilannya juga membosankan dan membingungkan. Dan kinerjanya mengecewakan (mungkin karena sudah terbiasa menggunkan Windows 7 yang jauh lebih baik dari Windows xp-menurut saya). Sampai saat ini pengguna komputer yang menggunakan Windows xp jarang sekali yang saya lihat.

Windows 7
Di Windows 7, saya sudah merasa nyaman baik dari segi interface (halaman utama) dan tampilannya, karena tampilan di Windows 7 serasa hidup dan tidak membosankan. Untuk masalah kinerjanya menurut saya itu tergantung dengan hardware dan software pada komputer itu sendiri. Tetapi pada saat ini kinerja Windows 7 masih baik, tidak ada gangguan(kecuali virus). Dan Windows 7 menurut say masih banyak digunakan oleh banyak masyarakat.

Windows 8
Di bandingkan dengan Windows 7, Windows 8 memiliki interface (halaman utama) dan tampilan yang lebih hidup lebih menarik. bahkan di interface Windows 8 dimuat dalam bentuk kotak-kotak, yang mana setiap kotak kita dapat mengatur ukuran dan bentuk. Untuk ukuran setiap kotak tergantung dari aplikasinya, ada yang tidak bisa di ganti ukurannya, ada yang memiliki dua pilihan ukuran, dan ada juga yang lebih. Untuk bentuknya, hanya ada dua pilihan yaitu bentuk kotak atau persegi panjang, ini pun juga tergantung aplikasinya, karena ada juga yang tidak bisa dirubah bentuknya. Dan tidak kalah ketinggalan yang membuat Windows 8 ini lebih hidup adalah adanya gerakan-gerakan pada kotak-kotak di interface-nya. Oleh karena itulah baik dari interface maupun tampilan dari Windows 8 serasa hidup dan tidak membosankan. Dan tidak hanya itu, untuk masalah Booting Windows 8 jauh lebih cepat dibanding dengan Windows 7. Dan juga dalam kinerjanya, menurut saya Windows 8 lebih cepat dibanding dengan Windows 7.

Sistem Operasi Ponsel (Symbian, Windows Phone, dan Android)
Symbian
Biasanya sistem operasi ini di gunakan oleh banyak produk-produk milik Nokia. Menurut saya dari segi interface dan tampilannya biasa-biasa saja, di tambah lagi interface-nya tidak bisa di ganti-ganti walupun anda mencoba dengan aplikasi pihak ketiga. Kita hanya bisa mengganti tombol pintasnya, gambar beckgroud dan jam-tanggalnya. Ditambah lagi sistem operasi symbian tidak bisa melakukan multitasking (dalam melakukan banyak tugas sekaligus), misal: Jika kita sedang membuka aplikasi A, dan kita ingin membuka aplikasi B, maka aplikasi A harus kita keluarkan terlebih dahulu agar kita dapat menjalankan aplikasi B.

Windows Phone 8.1
Untuk ponsel yang ber-platform Windows phone, interface-nya tidak jauh berbeda dengan interface Windows 8 (PC), yang mana interface-nya di muat dengan tampilan kotak-kotak. Untuk bentuk dan ukurannya ada tiga pilihan, yaitu kotak kecil, kotak besar, dan persegi panjang (tergantung aplikasi). Dan juga kotak-kotaknya dapat bergerak sehingga tampak hidup dan tidak membosankan, akan tetapi tampilan kotak-kotaknya tidak bisa diganti walaupun dengan aplikasi pihak ketiga. Untuk kinerja dan kecepatannya, Windows phone 8.1 tidak pernah ada yang namanya "hang" atau lemot, cuma ketika ponsel ngambek, dan sedang membuka aplikasi, maka ponsel akan mengalami "Loading" dan "Resuming", sebenarnya saya juga tidak begitu mengetahui mengapa hal seperti bisa terjadi, apa karen usia ponsel sudah lama, karena aplikasi terlalu banyak, karena ada masalah dengan memori card, atau masalah lain yang membuat ponsel menjadi ngembek. Tidak hanya itu, ketika kita pindah dari aplikasi satu ke aplikasi yang lain, seolah-olah kita baru me-restart aplikasi yang baru kita buka. Itu adalah salah satu masalah yang sangat menggangu bagi saya. (padahal saya sudah melaporkan hal ini pada perusahaan Microsoft indonesia, tetapi tidak kunjung di perbaiki. Yang saya terima hanyalah pesan otomatis yang diberikan Microsoft indonesia pada saya). Dan untuk masalah aplikasi di Windows phone, jumlah aplikasi windows phone sudah cukup banyak, namun kalah jauh dengan dengan sistem operasi saingannya (Android).

Android
kalau di sistem operasi Android, untuk masalah interface-cukup baik, apa lagi di ponsel platform android interface-nya bisa di ganti-ganti dengan aplikasi Luncher dari pihak ketiga yang memiliki banyak sekali pilihan yang bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar dari Playstore yang sudah disediakan di dalam ponsel android. Sehingga apabila bosan dengan interface yang sekatang, maka bisa di ganti-ganti dengan interface yang lebih menarik. Untuk masalah kinerjanya itu tergantung versi android dan hardware pendukungnya. Untuk aplikasinya, android memiliki jumlah aplikasi terbanyak di dunia dari pesaing-pesainganya (IOS, windows phone dll). Dari segi baterai memang android sangat boros. (Maaf gan OOT) Untuk selanjutnya, saya tidak tahu apakah ini termasuk ke dalam kekurangan atau kelebihan yang dimiliki oleh android. Karena saya berusaha untuk berbaik sangka, maka saya akan menganggap ini sebagai kelebihan yang dimiliki oleh ponsel ber-platform android, Dimana MUNGKIN pengembang android (Google) menyisipkan suatu teknologinya ke dalam sistem operasi android yang biasa disebut "hang", dimana hang ini fungsinya untuk menguji kesabaran penggunanya, walaupun sangat mengganggu penggunanya, dengan cara ponsel akan melambat, tidak merespon (lemot). Dan disinilah kadang para pengguna di uji kesabarannya. (Sungguh baik ya gan niat google untuk menguji penggunanya)

Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda#49


Demikianlah Artikel pengalaman menggunakan operating system dari PC sampai Mobile

Sekian Artikel yang saya buat pengalaman menggunakan operating system dari PC sampai Mobile, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan artikel kali ini.

Anda sedang membaca artikel pengalaman menggunakan operating system dari PC sampai Mobile dan artikel ini url permalinknya adalah https://google-abcd.blogspot.com/2016/09/pengalaman-saya-menggunakan-sistem-operasi-komputer-dan-ponsel.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "pengalaman menggunakan operating system dari PC sampai Mobile"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali !