dari mana penghasilan pembuat atau developer dan perusahaan game aplikasi ?

dari mana penghasilan pembuat atau developer dan perusahaan game aplikasi ? - Hallo sahabat Info Techno, Pada sharing kali ini yang berjudul dari mana penghasilan pembuat atau developer dan perusahaan game aplikasi ?, saya akan mencoba menjelaskan tentang informasi seputar perkembangan teknologi dan Starup di dunia. Dan saya juga akan berusaha memberikan informasi secara lengkap dan jelas. Dan mudah-mudahan isi postingan atau artikel ini yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan dapat anda pahami.

Judul : dari mana penghasilan pembuat atau developer dan perusahaan game aplikasi ?
Link : dari mana penghasilan pembuat atau developer dan perusahaan game aplikasi ?

lihat juga


dari mana penghasilan pembuat atau developer dan perusahaan game aplikasi ?

dari mana pendapatan/penghasilan pembuat atau developer aplikasi?


dari mana penghasilan pembuat atau developer dan perusahaan game aplikasi

Membangun bisnis yang sukses dan berkesinambungan tidak terlepas dengan hukum pasokan dan permintaan(Supply and Demand). Anda akan mengalami kerugian atau tidak mendapatkan manfaat apapun bila hanya memiliki salah satu dari keduanya. Hal ini berlaku juga di dalam berbisnis aplikasi komputer maupun mobile (ponsel). Orang akan bersedia mengeluarkan uang untuk membayar aplikasi komputer maupun aplikasi ponsel anda, ketika aplikasi itu dirasa memiliki kegunaan dan bernilai.@Saat ini, dengan merebaknya adopsi platform android oleh berbagai produsen perangkat telepon bergerak memicu peningkatan jumlah user atau pengguna android yang secara tidak langsung menaikkan permintaan beragam aplikasi android. Ini dapat menjadikan peluang bisnis yang menjanjikan bagi pengembang aplikasi.

Ada lima model bisnis yang ada pada aplikasi platform untuk mobile device, seperti android:
  1. Aplikasi Berbayar. Aplikasi berbayar yaitu user atau pengguna membayar terlebih dahulu untuk dapat menginstall dan memperoleh manfaat dari aplikasi tertentu. Keuntungannya adalah tiap download berarti pemasukan di sisi pembuat atau pengembang (Developer) aplikasi. Hanya saja aplikasi berbayar ini jumla downloadnya terbatas. Selain itu, aplikasi berbayar hanya cocok bila bila reputasi pembuat atau pengembang (Developer) aplikasi bagus dan telah memiliki basis user atau pengguna yang cukup besar. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, namun sayangnya karena digunakan di dunia maya, maka masih banyak orang yang meragukan. Namun masalah utama dalam penjualan aplikasi jenis ini adalah "Cracker". Banyak para pengembang atau perusahaan aplikasi yang sudah besar merugi karena ulah para Cracker yang menyebarkan aplikasi versi "Crack"'dari aplikasi yang baru saja dirilis. Bahkan terkadang dalam hitung jam di hari yang sama dengan perilisan aplikasi, versi crack sudah tersedia dan bisa di download. Pengembang (Developer) aplikasi besar saja bisa kecolongan secepat itu, apalagi developer kecil. Sudah susah payah membuat aplikasi malah di bajak. Belum ada solusi yang konkrit untuk menyelesaikan masalah ini, namun salah satu solusi yaitu untuk mengatasi hal ini adalah membuat aplikasi gratis yang bisa di download siapapun.
  2. Aplikasi Freemium(Gratis). Umumnya aplikasi disediakan gratis untuk di install. User atau pengguna memperoleh manfaat dari aplikasi yang di install namun dengan gitu yang sengaja di batasi. Misal, ketika anda membuat aplikasi game, beberapa level awal disediakan gratis untuk dimainkan. Tapi, untuk level yang lebih tinggi, user atau pengguna harus beralih dari versi gratis ke versi berbayar atau dengan kata lain, user atau pengguna diharuskan membayar untuk level yang lebih tinggi. Keuntungan dari model bisnis ini adalah dikarenakan gratis, aplikasi freemium jumlah downloadnya lebih besar dari aplikasi berbayar. Sayangnya, boleh dikatakan tidak ada keuntungan finansial secara langsung dari aplikasi Freemium. Pemasukan anda akan diperoleh dari user atau penggun yang loyal yang mau beralih dari versi gratis ke versi berbayar. Tidak hanya itu saja, walaupun aplikasi jenis ini memiliki embel-embel "GRATIS", secara tidak langsung user atau pengguna membayar lewat kuota jaringan internet yang disediakan oleh operator jaringan(karena tentu saja ketika user atau pengguna mendownload aplikasi HARUS terhubung dengan jaringan internet) ketika user atau pengguna mendownload aplikasi tersebut, yang mana pengembang aplikasi harus melakukan kerja sama dengan operator seluler untuk berbagi keuntungan dari hasil kuota yang digunakan untuk downlaod aplikasi tersebut. Tapi di sisi pembuat atau pengembang (Developer) aplikasi, ini juga akan menambah pekerjaan pengembang aplikasi karena harus mengelola dua aplikasi yang sama namun berbeda fiturnya.
  3. Aplikasi in-app Purchase(membayar didalam aplikasi). Pada jenis aplikasi ini, pengembang aplikasi memberikan fitur secara penuh yang disediakan secara gratis untuk di install. Dari sini pengembang aplikasi mendapatkan pemasukan atau pendapatan dengan menjual item yang berharga dalam konteks aplikasi. Seperti mata uang game(Virtual Currency), Gem pada geme COC(Clash Of Clans) atau barang-barang virtual lainnya. Misal, Game yang menerapkan model ini adalah game Texas Holdem Poker buatan Zynga yang disediakan gratis, yang mana user atau pengguna akan diberikan Chip Poker dalam jumlah tertentu yang cukup untuk main secara cuma-cuma dan satu-satunya cara agar user atau pengguna bisa memiliki Chip dalam jumlah banyak dalam waktu singkat harus membeli dengan uang. Keuntungan dari bisnis jenis ini adalah karena disediakan gratis, sehingga jumlah yang di download lebih banyak sehingga lebih populer. Akan tetapi model bisnis jenis ini sedikit lebih rumit karena anda tidak hanya mengembangkan aplikasi komputer, tetapi juga harus menyediakan infrastruktur untuk menunjang sistem jual beli barang-barang virtual.
  4. Aplikasi Gratis berbasis Iklan. Pada model bisnis jenis ini adalah model yang biasanya ditempuh oleh pengembang aplikasi bertaraf kecil atau perusahaan-perusahaan aplikasi yang sedang berkembang/masih kecil. Pembuat atau pengembang aplikasi membuat aplikasi yang yang bisa dimanfaatkan secara gratis oleh user atau pengguna, kemudian pengembang aplikasi mendapatkan pemasukan atau pendapatan dari iklan yang tampil di dalam aplikasi/game dan iklan yang di klik oleh user atau pengguna. Jika aplikasinya bagus, maka jumlah download juga pasti akan tinggi. Maka dari itu, pengembang aplikasi diharuskan untuk pengeluaran tambahan seperti seperti mengelola server seperti pada model bisnis "in-app purchase". Tetapi biasanya pemasukan atau pendapatan dari iklan yang di klik oleh user atau pengguna biasanya sangat rendah karena user atau pengguna cenderung menghindari iklan, sehingga akan berdampak pada pengembalian modal yang rendah. Contohnya, game "Flappy Bird", yang mana pada masa kejayaanya game ini dapat menghasilkan pendapatan sekitar $50.000/hari atau sekitar Rp500 juta/hari lebih.
  5. Aplikasi Hibrida (kombinasi paid/bayar, freemium/gratis dan in-app purchase/jual di dalam aplikasi, dan iklan). Model bisnis jenis ini biasanya digunakan oleh pengembang aplikasi, yaitu dengan menggabungkan model-model bisnis aplikasi yang sebelumnya telah saya dijelaskan. Contohnya, Outfit 7 membuat dua versi aplikasi Taking Tom, yaitu Taking Tom versi gratis dan Taking Tom versi berbayar. Taking Tom versi gratis memiliki fitur terbatas dengan disisipi oleh iklan di dalamnya dan menjual barang-barang virtual. Dengan menggunakan model bisnis aplikasi jenis gratis, pengembang aplikasi meraih user baru dan popularitas. Sementar dari aplikasi berbayar pengembang aplikasi mendapatkan keuntungan dari user atau pengguna yang loyal mau beralih dari aplikasi gratis ke aplikasi berbayar. Hanya saja, dengan memgambangkan beberapa versi(gratis dan berbayar), maka dibutuhkan biaya dan dan waktu pengembangan aplikasi yang lebih besar.
Demikian adalah penjelasan mengenai asal penghasilan atau pendapatan pembuat atau pengembang (developer) aplikasi. Semoga bermanfaat.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda#42

Sumber:
Panduaji.net
Mojokertocyber.com


Demikianlah Artikel dari mana penghasilan pembuat atau developer dan perusahaan game aplikasi ?

Sekian Artikel yang saya buat dari mana penghasilan pembuat atau developer dan perusahaan game aplikasi ?, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan artikel kali ini.

Anda sedang membaca artikel dari mana penghasilan pembuat atau developer dan perusahaan game aplikasi ? dan artikel ini url permalinknya adalah https://google-abcd.blogspot.com/2016/09/penghasilan-pembuat-atau-developer-dan-perusahaan-game-atau-aplikasi.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "dari mana penghasilan pembuat atau developer dan perusahaan game aplikasi ?"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali !