Kantor google digrebek dan disegel polisi, kenapa?

Kantor google digrebek dan disegel polisi, kenapa? - Hallo sahabat Info Techno, Pada sharing kali ini yang berjudul Kantor google digrebek dan disegel polisi, kenapa?, saya akan mencoba menjelaskan tentang informasi seputar perkembangan teknologi dan Starup di dunia. Dan saya juga akan berusaha memberikan informasi secara lengkap dan jelas. Dan mudah-mudahan isi postingan atau artikel ini yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan dapat anda pahami.

Judul : Kantor google digrebek dan disegel polisi, kenapa?
Link : Kantor google digrebek dan disegel polisi, kenapa?

lihat juga


Kantor google digrebek dan disegel polisi, kenapa?

Kenapa kantor google digrebek dan disegel polisi Perancis, tapi disorot oleh pemerintah indonesia??


Kantor google digrebek dan disegel polisi di Perancis tapi disorot oleh pemerintah indonesia, kenapa, ada apa? lengkap

Kantor google di paris Perancis, terpaksa dihentikan beroperasi pada selasa pagi (24/5/2016) waktu setempat oleh pihak kepolisian. Tim kepolisian dan penyidik pajak menggerebek kantor yang terletak di dekat stasiun kereta Api Gare Saint-Lazare tersebut.@Ratusan karyawan yang sedang bekerja menyaksikan langsung penyegelan kantor google. Hal ini merupakan konsekuensi atas keengganan perusahaan raksasa internet itu membayar pajak.@Dilansir KompasTekno, rabu (25/5/2016) dari Cnet, pemerintah Perancis meminta google membayar pajak dan dendanya sebesar $1,12 miliar Amerika serikat atau setara dengan Rp15,2 triliun.@Nilai itu dianggap adil jika dihitung dengan pendapatan yang di raih oleh google di negara menara eiffel(Perancis). Namun sayangnya, google dianggap tidak cepat merespon permintaan pemerintah.@penggerebekan ini langsung ditanggapi oleh juru bicara google. Ia mengindikasikan pihaknya tidak memiliki masalah pajak, namun akan berkomunikasi lebih lanjut dengan pemangku kebijakan di Perancis.@"Kami mematuhi hukum pajak di Negara Perancis, seperti di negara-negara lain", kata juru bicara google. "Kami bekerja sama sepenuhnya dengan pihak berwenang untuk menjawab pertanyaan mereka", tambah juru bicara google.@Ini bukan pertama kalinya perusahaan raksasa teknologi dunia asal Mountain View tersebut bersitegang dengan pemerintah Perancis soal pajak. Sebelumnya pada juni 2011, google juga diawasi karena dituduh mentransfer transaksi bisnis di Perancis ke Irlandia.@Kasus kedua ini sebenarnya sudah terendus sejak februari lalu, CEO Sundar Pichai bahkan sudah pernah menyinggung soal perpajakan di Perancis.@Menurut Sundar Pichai, sebagai perusahaan global, google wajib mematuhi ketentuan pajak di mana saja. Hanya saja, ia menyarankan pemerintah membuat aturan yang lebih sederhana.@"Kami terus mengadvokasi agar sistem pajak global dibuat lebih sederhana", kata Sundar Pichai.
.
Isu yang sama di Indonesia
Di indonesia, google juga sempat disorot pemerintah karena masalah pajak. Kementerian Komunikasi dan informasi (Komenkominfo) menuntut agar google segera membuat Badan Usaha Tetap(BUT) di indonesia.@Pasalnya, selama ini google hanya membuat kantor perwakilan, bukan kantor tetap. Karenanya, transaksi bisnis google yang terjadi di tanah air tidak berpengaruh pada peningkatan pendapatan negara.@Padahal transaksi bisnis periklanan di dunia digital pada tahun 2015 mencapai $850 juta Amerika serikat atau sekitar Rp 11,6 triliun. Oleh karena itu, transaksi bisnis google yang terjadi di tanah air tidak berpengaruh pada peningkatan pendapatan negara. Menurut Menkominfo Rudiantara, 70% dari nilai itu di dominasi perusahaan internet global yang beroperasi di indonesia. Selain google, dua perusahaan lainnya adalah Facebook dan Twitter.@Pemerintah indonesia saat ini memang tengah mengincar perusahaan multinasional(perusahaan yang memiliki cabang/perwakilan di berbagai negara) yang bergerak di bidang teknologi untuk membayar pajak. Tidak hanya google, perusahaan teknologi lainnya juga, seperti Facebook, Twitter dan Netflik, juga disasar pemerintah. Untuk mendesak google dan lainnya membayar pajak, kementerian komunikasi dan informatika (Kemenkominfo) tengah menyusun aturan yang akan mengatur eksistensi seluruh layanan Over The Top(OTT) di indonesia.@Kemenkominfo telah merilis naskah Rancangan Peraturan Menteri(Permen) tentang penyediaan layanan aplikasi dan atau konten melelui internet. Saat ini, Peraturan Menteri tersebut dalam tahap pengujian publik. Salah satu yang akan diatur dalam Peraturan Menteri ini adalah penyedia layanan Over The Top baik lokal maupun asing wajib menjadi Badan Usaha Tetap(BUT). Pendirian BUT akan membuat google dan lainnya menjadi wajib pajak di indonesia.@Managing Director google indonesia Tony Keusgen mengungkapkan, pihaknya menghormati rencana pemerintah menagih pajak dari perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi.@"Yang jelas kami menghormati. Namun, kami belum bisa berkomentar lebih lanjut mengenai kebijakan perpajakan pemerintah indonesia", ujar Tony kepada Kompas.com, senin (15/3/2016).

Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda#44

Sumber:
tekno.kompas.com


Demikianlah Artikel Kantor google digrebek dan disegel polisi, kenapa?

Sekian Artikel yang saya buat Kantor google digrebek dan disegel polisi, kenapa?, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan artikel kali ini.

Anda sedang membaca artikel Kantor google digrebek dan disegel polisi, kenapa? dan artikel ini url permalinknya adalah https://google-abcd.blogspot.com/2016/09/kantor-google-digrebek-dan-disegel-oleh-polisi-di-perancis-dan-disorot-pemerintah-indonesia-kenapa.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Kantor google digrebek dan disegel polisi, kenapa?"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali !