Sejarah awal mula penemuan kendaraan mobil mesin di dunia

Sejarah awal mula penemuan kendaraan mobil mesin di dunia - Hallo sahabat Info Techno, Pada sharing kali ini yang berjudul Sejarah awal mula penemuan kendaraan mobil mesin di dunia, saya akan mencoba menjelaskan tentang informasi seputar perkembangan teknologi dan Starup di dunia. Dan saya juga akan berusaha memberikan informasi secara lengkap dan jelas. Dan mudah-mudahan isi postingan atau artikel ini yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan dapat anda pahami.

Judul : Sejarah awal mula penemuan kendaraan mobil mesin di dunia
Link : Sejarah awal mula penemuan kendaraan mobil mesin di dunia

lihat juga


Sejarah awal mula penemuan kendaraan mobil mesin di dunia


Sejarah awal mula penemuan kendaraan mobil mesin di dunia


Sejarah awal mula penemuan kendaraan mobil mesin di dunia

Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (jumlah roda selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak (bensin atau solar) untuk menghidupakan mesinnya. Mobil kependekan dari Otomobil yang berasal dari bahasa yunani 'autos' (sendiri) dan latin 'movére' (bergerak).



Sejarah dan perkembangannya
Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap pertama kali di desain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672, ia mendesain mainan kendaraan berukuran 65 cm untuk kerajaan China, akan tetapi tidak bisa membawa penumpang. Tidak diketahui apakah model kendaraan yang dibuat Ferdinand pernah di produksi atau tidak.



Pada tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia. Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer (alat untuk menunjuk jarak tempuh kendaraan). Kendaraan yang ia buat mirip dengan kereta salju.



Pada tahun 1769, kendaraan tenaga uap pertama dibuat. Dan dengan sukses Nicolas-Joseph Cugnot mendemonstrasikan kendaraan roda tiga. Dimana inspirasi pengembangan mobil pertama kali oleh Cugnot adalah dari sebuah kereta kuda yang dilengkapi dengan ban. Kendaraan pertama yang menggunakan tenaga uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society.


Pada tahun 1784, William Mirdock yang berkerka sama dengan James Watt dari inggris, berhasil mengembangkan dan meluncurkan mesin tenaga uap.


Pada tahun 1789, paten mobil pertama di Amerika serikat diberikan kepada Oliver Evans.


Pada tahun 1801, Richard Trevithick menjalankan kendaraan bertenaga uap di Britania. Yang mana sebelumnya Richard telah mengembangkan penemuan Nicolas-Joseph Cognot yang mana penemuan Cognot penggunaan dilihat rendah di tempat asalnya, Perancis, sehingga penemuannya tersebut diteruskan ke Britania oleh Richard. Namun, pada awalnya, penemuan Richard tersebut dianggap aneh, tapi penemuannya itu dalam dekade setelahnya, seperti rem tangan, transfmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepetan dan setir, membuatnya sukses.


Pada tahun 1804, Oliver Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di Amerika serikat, tetapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama bertenaga uap, dimana sanggup berjalan di darat menggunakan roda dan berjalan di air menggunakan roda padel.


Pada tahun 1830, kendaraan ber-roda enam diciptakan oleh sir Goldswarthy Gurnay, fan mampu berjalan dengan kecepatan 25 km/jam.


Pada tahun 1860, Jean Joseph E. Leonir dari Perancis berhasil menciptakan mesin pembakaran dalam berbahan bakar campuran batu bara dan gas serta campuran udara atmosfer. Mesin ini bekerja tanpa kompresi, dimana campuran bahan bakar dan udara dimasukka ke dalam silinder mesin pada saat piston berada diseparuh langkah, kemidauan dinyalakan dengan satu pematik api (busi), sehingga tekanan gas dalam silinder naik mendorong piston sampai akhir langkahnya dan membuang gas hasil pembakaran keluar. Efisiensi mesin ini hanya 5% saja.


Pada tahun 1886, mobil pertama dengan mesin pembakaran dalam yang berbahan bakar bensin, di temukan pada tahun yang sama tetapi ditempat yang berbeda. Di Jerman ditemukan oleh penemu Jerman. Di Mannheim oleh Karl Benz. Dan di Stuttgart oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach. Dimana Karl Benz dan Gottlieb Daimler berhasil menciptakan mobil bermesin pembakaran dalam. Meskipun tanpa kopling untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda sehingga menyulitkan saat berangkat, kendaraan ini merupakan model dasar bagi pengambang mobil-mobil berikutnya. Mesin pembakaran dalam segera disukai karena tidak memiliki kemungkinan meledak, tidak memercikan api di luar, tidak berasap tebal, dan tidak sebising mesin tenaga uap.
Dan pada tahun yang sama, berkembang berbagai penemuan baru yang memperbaiki kinerja mesin lama, dimana Nicolaus A. Otto dan Eagen Langen berhasil mengembangkan suatu mesin berbahan bakar bertekanan atmosfer dimasukka ke dalam silinder, dinyalakan dengan busi, terjadilah gas pembakaran yang bertekanan tinggi dan mampu mendorong piston untuk melakukan langkah ekspansi sampai membuang gas pembakaran tersebut. Efisiensi yang didapatkan oleh mesin ini adalah 11%. Dan tidak hanya itu saja, mesin ciptaan Otto ini juga disebut dengan mesin 4 tak (pembakaran dalam 4 langkah) dan dipatenkan pada tahun 1886.


Pada tanggal 5 November 1895, George B. Seldenbdibeeikan paten Amerika serikat untuk mesin mobil 2 tak. Peten ini memberikan dampak negatif pada perkembangan industri mobil di Amerika serikat.


Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di Amerika serikat. Dan pada tahun 1890 juga Charles E dan Frank Duryea dari Amerika serikat berhasil menciptakan mobil dengan bahan bakar bensin pertama.


Pada tahun 1895, Louis Renault berhasil menciptakan mesin berpendingin air.

Pada tahun 1896, mobil bertenaga bensin pertama kali dibuat di Britania oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram.


Pada tahun 1898, Louis Renault menemukan batang penggerak sebagai ganti rantai yang selama ini dipakai. Untuk memindahkan tenaga mesin ke roda.


Pada tahun 1911, Cadillac Automabile Co., berhasil menciptakan starter listrik, pengapian listrik dengan kumparan dan AKI sebagai ganti starter engkol.


Pada tahun 1922, ban karet berisi udara sebagai pengganti ban mati atau ban engkel diperkenalkan untuk pertama kali.


Pada tahun 1930, teknologi baru yang mendukung fitur-fitur dalam mobil telah banyak diciptakan seperti penggunaan penggerak roda depan yang diciptakan kembali oleh Andre Citroen yang sebelumnya juga sudah pernah dipakai oleh Alvis dan Cord dalam mobil balap yang digunakan oleh Miller.


Pada tahun 1960-an, teknologi mobil terus berkembang seiring dengan perkembangan industri elektronik yang menyebabkan barang-barang elektronik berharga murah.


Dan hingga saat ini, perkembangan inovasi dan teknologi baru untuk pada kendaraan beroda empat maupun lebih memang tidak pernah ada habisnya. Semua produsen mobil dengan para insinyur-insinyur kawakannya terus berlomba-lomba melakukan penelitian dan uji coba dalam menciptakan sebuah mobil yang dapat menunjang kebutuhan alat transportasi yang aman, nyaman, hemat energi, berteknologi tinggi, dan ramah lingkungan.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali#61


Sumber:
Wikipedia.org
mobilkeren.net
sewamobilbali1st.com
ajarmadan.blogspot.com


Demikianlah Artikel Sejarah awal mula penemuan kendaraan mobil mesin di dunia

Sekian Artikel yang saya buat Sejarah awal mula penemuan kendaraan mobil mesin di dunia, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan artikel kali ini.

Anda sedang membaca artikel Sejarah awal mula penemuan kendaraan mobil mesin di dunia dan artikel ini url permalinknya adalah https://google-abcd.blogspot.com/2016/11/Sejarah-awal-mula-penemuan-kendaraan-mobil-mesin-di-dunia.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Sejarah awal mula penemuan kendaraan mobil mesin di dunia"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali !