sejarah awal mula berdirinya facebook dan perkembangannya oleh perjuangan mark zukerberg

sejarah awal mula berdirinya facebook dan perkembangannya oleh perjuangan mark zukerberg - Hallo sahabat Info Techno, Pada sharing kali ini yang berjudul sejarah awal mula berdirinya facebook dan perkembangannya oleh perjuangan mark zukerberg, saya akan mencoba menjelaskan tentang informasi seputar perkembangan teknologi dan Starup di dunia. Dan saya juga akan berusaha memberikan informasi secara lengkap dan jelas. Dan mudah-mudahan isi postingan atau artikel ini yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan dapat anda pahami.

Judul : sejarah awal mula berdirinya facebook dan perkembangannya oleh perjuangan mark zukerberg
Link : sejarah awal mula berdirinya facebook dan perkembangannya oleh perjuangan mark zukerberg

lihat juga


sejarah awal mula berdirinya facebook dan perkembangannya oleh perjuangan mark zukerberg

sejarah awal mula berdirinya Facebook dan perkembangannya yang didirikan oleh Mark Zuckerberg

sejarah awal mula berdirinya facebook dan perkembangannya oleh mark zukerberg

Hampir setiap orang dari berbagai kalangan masyarakat, bahkan dari kuli bangunan, tukang ojek, sampai para tokoh elit politik semua memiliki akun Facebook, tidak terkecuali tentunya para pelajar dan mahasiswa yang sudah menjadikan Facebook sebagai kebutuhan sehari-hari, dari yang hanya iseng-iseng untuk mencari kenalan baru, berdagang, bahkan sampai untuk memainkan game dan menemukan komunitas-komunitas sesuai dengan hobi dan pekerjaan semuanya ada di Facebook.
Tahukah bahwa kalau sebelum Facebook menjadi raksasa sosial media dunia, dulu hanya sosial media sekala kecil yang hanya untuk mahasiswa hardvard. Berikut adalah sejarah awal mula berdirinya Facebook.
.
Pada tahun 2003, tepatnya pada tanggal 23 oktober 2003, adalah sebuah titik awal bagi seorang mahasiswa ilmu komputer Universitas Hardvard yang baru semester II, yaitu Mark Zukerberg, dimana Facebook untuk pertama kalinya dibuat di kamar asrama Mark di Harvard University. Dimana saat Mark Zukerberg mempelejari dunia jaringan sosial dimana ia mulai bereksperimen dengan menciptakan sebuah situs yang diberi nama "Facemash.com". Facemash adalah situs yang memperbolehkan pengunjungnya (Mahasiswa Harvard) yang mana memang terbatas hanya untuk mahasiswa Harvard saja untuk membanding-bandingkan gambar mahasiswi yang lebih "Hot" (Cantik), dimana Facemash menempatkan dua foto mahasiswi Hardvard berdampingan pada waktu yang sama dan meminta pengguna (Mahasiswa Hardvard) untuk memilih mana mahasiswi yang paling seksi. Gambar-gambar mahasiswi tersebut didapatkan oleh Mark dengan me-Hack (Membobol) Database Universitas Hardvard. Facemash mendapatkan pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama dijalankan. Facemash memang dibuat Mark hanya untuk mahasiswa Hardvard.
Situs ini pun langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun di matikan beberapa hari kemudian oleh pihak kampus Hardvard. Mark Zuckerberg kemudian di hukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, serta melanggar privasi individu, dan terancam di keluarkan dari Hardvard. Namun akhirnya hukuman tersebut dibatalkan. Atas tindakan tersebut, Mark membela diri dengan mengatakan "Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri", ia melanjutkan "Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs yang serupa". Mark kemudian memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final pada mata kuliah sejarah seni, ia memgunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman yang disertai kotak komentar. Mark kemudian menyebarkan situs tersebut kepada teman sekelasnya dan mereka mulai saling berbagi catatan.
.
Pada tahun 2004, tepatnya pada tanggal 11 januari 2004, Mark Zuckerberg mendaftarkan domain "thefacebook.com" yang terinspirasi daru insiden facemash dan dimodelkan dari Friendster. Nama facebook juga diambil dari sebuah nama majalah kampus yang bernama "Face Book" yang merupakan sebuah komunitas yang ditujukan kepada mahasiswa baru untuk mengenalkan keadaan kampusnya. Selanjutnya, Mark yang dibantu oleh rekan sekamarnya dan sesama mahasiswa Harvard, yaitu Eduardo Saverin (Analisis Usaha), Andrew McCollum (Desainer Grafis), Dustin Moskovitz (Programmer) dan Chris Hughes. Dan mereka pun juga membantu mempromosikan situs web Mark (thefacebook.com). Mark juga mengatakan bahwa ia ingin menciptakan sebuah situs web yang dapat memghubungkan orang-orang di dalam kampus. Ia menyadari bahwa pihak kampus (Hardvard University) perlu waktu beberapa tahun untuk menciptakan sistem tersebut, sedangkan Mark dan teman Hardvard-nya hanya perlu waktu seminggu. Sesudah Mark menyelesaikan situs tersebut, diketahui bahwa hanya dalam waktu 24 jam, 1200 mahasiswa Hardvard telah mendaftarakan diri mereka di situs tersebut dan jumlah itu setara dengan setengah jumlah seluruh mahasiswa Hardvard tingkat akhir. 6 hari sesudah peluncuran tersebut, dikatakan bahwa ternyata Mark juga sedang dalam pengembangan situs lain yang disebut "HardvardConnection.com" untuk Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss dan Divya Narendra yang pada akhirnya mereka menuntut Mark dengan tuntutan bahwa ia (Mark) telah mencuri ide mereka, yaitu "thefacebook.com". Mereka menuduh Mark sengaja mengalihkan mereka agar mereka membuat jejaring sosial (HarvardConnection.com), sementara mereka menuduh Mark menggunakan ide mereka untuk membuat produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada "Hardvard Crimson", dan surat kabar dan ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Mark. Mark dan pihak-pihak ini akhirnya menyelesaikan masalah ini dengan solusi yang dirahasiakan. Dua bulan setelah thefacebook.com terbentuk, Mark juga telah membuka pintu virtual untuk menerima anggota dari Universitas Yale dan Universitas Stanford dan terus meluas ke perguruan tinggi lain di Boston dan Ivy League.
Tidak lama setelah peluncurannya, Sean Parker (Co-Founder Napster) menemukan thefacebook.com di komputer pacarnya. Parker kemudian pergi ke New York untuk bertemu dengan Mark yang pada akhirnya Parker mulai menjadi penasehat thefacebook.com secara tidak formal. Kemudian pada juni 2004, thefacebook.com mendapatkan investasi pertamanya dari Peter Theil. (Founder PayPal) sebesar $500 ribu sebagai ganti dari 10,2% saham thefacebook.com. Sean Parker juga diangkat sebagai presiden dari perusahaan yang baru berdiri tersebut. Thefacebook.com terus dikembangkan ke luar kampus Harvard hingga akhirnya pada 30 Desember 2004, lebih dari 1 juta orang telah menjadi anggota thefacebook.com
.
Pada agustus 2005, thefacebook.com mengubah nama dengan menghapus "the" pada nama awal menjadi "Facebook.com" dengan membeli domain Facebook.com dengan harga $200.000. Pada tahun tersebut, Facebook.com mendapatkan berbagai investor dan mulai bekerjasama dengan Apple dan Microsoft. Facebook mengatur ulang design halaman agar lebih User Friendly. Facebook meluncurkan versi untuk anak-anak SMA pada bulan september dan pada akhir tahun Facebook telah melebar dan meliputi anggota dari 2000 kampus dan lebih dari 25000 sekolah. Pada akhir 2005, Facebook telah menyebar di Amerika serikat, Inggris, Australia, New Zealand, Canada, Irlandia dan Mexico.
Tahun-tahun berikutnya merupakan tahun yang tidak begitu cerah bagi Facebook. Hal ini disebabkan mengalami kerugian sampai pada batas dimana Facebook harus menjual sahamnya untuk membalikkan kembali aliran pendapatan ke arah positif. Tetapi meskipun begitu, Facebook ternyata tetap tumbuh berkembang, hingga pada 2009 Facebook mulai berhasil meningkatkan labanya kembali ke angka yang positif (untung).
.
Pada tahun 2006, ada sebuah request daru seorang anggota untuk mengundang murid sekolah menengah untuk bergabung dengan jaringan para mahasiswa. Dan pada tahun yang sama, Facebook mendapatkan suntikan dana segar sebesar $25 juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Tidak hanya itu, Yahoo juga menawar tawaran akuisisi Facebook sebesar $1 miliar. Pada bulan mei di tahun yang sama juga Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun, giliran Israel dan Jerman. Serta pada september Mark telah membuka Facebook dan menerima semua orang yang sudah berusia lebih dari 13 tahun atau yang lebih tua dengan verifikasi sebuah email saja. Namun demikian, menurut survey Consumer Reports bulan mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook serta 5 juta yang lainnya di bawah usia 10 tahun. Hingga tidak mematuhi kriteria Service website ini. Dan pada akhirnya pada 11 september 2006, Facebook merubah status registrasinya menjadi "Free to Join" bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia. Dan pada 22 agustus 2006, Facebook juga menambahkan fitur baru berupa Note/catatan, dimana dalam fitur ini, pengguna bisa mengimport tulisannya di blog lain (Xanga, Live Journal, Blogger, dll) untuk ditampilkan di Facebook. Facebook mulai melihat ke dunia bisnis online dan pada bulan mei Facebook mengumumkan menambahkan iklan ke dalam situsnya. Ini membawa persaingan yang ketat dengan perusahaan lainnya seperti Craiglist.com
.
Pada 24 oktober 2007, Microsoft memberikan pengumuman bahwa mereka membeli 1,6% saham Facebook dengan nilai sebesar $240 juta, sehingga memberikan nilai (harga) Facebook kala itu setara dengan $15 miliar dengan saat ini. Pembelian ini meliputi hak Microsoft untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Melihat langkah ini, sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Dan november 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-Shing menanamkan modal kepada Facebook senilai $60 juta. Dan pada tahun yang sama, facebook menambahkan fitur dimana pengguna sudah bisa membuat lampiran untuk dinding dan tidak lagi terbatas pada isi tekstual. Sejak facebook diperkenalkan, ia telah menambahkan fitur yang berbeda. Sekarang anda dapat menemukan "Feed Berita" pada homepage pengguna. Potongan informasi yang disorot seperti itu dari acara mendatang, profil perubahan, ulang tahun teman dan banyak lagi.
.
Pada 7 april 2008, Facebook meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu "Chat/Obrolan", tempat dimana para pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi secara langsung dan real time. Dan pada juli 2008, Facebook merapikan tampilan situs sehingga setiap kategori (dinding, info, foto, dll) memiliki tab-tab terpisah. Pada oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia.
.
Pada tanggal 23 Februari 2010, Facebook diberikan paten terhadap serangkaian aspek News Feed-nya. Paten ini mencakup News Feed ketika pranala dikirimkan sehingga satu pengguna dapat berpartisipasi dalam beraktivitas yang sama seperti pengguna lain. Paten ini mendorong Facebook untuk mengambil tindakan terhadap situs-situs yang melanggar patennya, seperti Twitter. Pada November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook kala itu mencapai $41 miliar (mengalahkan eBay dengan tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di Amerika serikat setelah Google dan Amazon. Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009, jumlah pengunjung Facebook megalahkan google pada maret 2010. Facebook juga terus berkembang dan memunculakan berbagai macam teknologi hingga akhirnya dibuatlah film dokumentasi tentang Facebook dengan judul "The Sosial Network" oleh David Fischer, yang mengisahkan tentang asal mula berdirinya Facebook dan kisah hidup dari pendiri Facebook (Mark Zuckerberg).
.
Pada bulan maret 2011, Facebook melaporkan bahwa mereka menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap harinya atas berbagai macam alasan, termasuk konten tidak pantas, spam, dan pemakaian di bawah umur. Statistik pada DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook berhasil meraih 1 triliun tampilan (Tayang laman) pada bulan juni 2011 dan menjadikan Facebook sebagai situs web yang paling banyak di kunjungi. Namun perlu di catat bahwa google dan sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat yang dilakukan oleh DoubleClick. Menurut studi Nielsen Media Research yang dirilis pada desember 2011, di Amerika serikat Facebook merupakan situs web kedua yang paling di akses. dan pada tahun yang sama juga facebook mengumumkan rencanya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampus Sun Microsystems di Menlo Park, California.
.
Pada awal mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan yang bisa dikatakan baru berdiri yaitu Glancee, yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial. Perkembangan Facebook terus terjadi, tahun berikutnya Facebook merilis aplikasi ipad, bekerja sama dengan Skype dan Heroku, mengubah interface dengan basis Timeline, mengubah halaman login dan profil, hingga pada tahun 2012, instagram dibeli oleh Facebook dengan harga $1 miliar, dan mencapai 1 miliar pengguna. Tidak hanya itu saja, di tahun 2012, Mark Zuckerberg berhasil mendapatkan 22% kepemilikan (saham) Facebook. Pada tanggal 17 mei 2012, Facebook mengadakan penawaran umum perdana dengan harga awal saham $38 per lembar, sehingga nilai tersebut menjadikan Facebook sebagai perusahaan umum (publik) baru terbesar sepanjang sejarah. Setelah IPO (Initial Publik Offering), Mark memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara. IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika serikat. Saham Facebook mulai di perdagangkan pada 18 mei 2012, beberapa hari setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission menyelidiki proses pelaksanaan IPO, setelah klaim bahwa perkiraan pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak diungkapkan kepada seluruh pemegang saham.
.
Pada januari 2013, Facebook memperkenalkan pencarian "Graph" (untuk menyaingi mesin pencari google) yang memperbolehkan user untuk mencari apa yang mereka cari berdasarkan pada teman dan koneksi mereka. Fitur ini memperbolehkan user untuk mencari dari data yang diberikan oleh teman untuk menemukan hal-hal yang menarik bagi user, seperti restoran, musik, dan sebagainya. Ini merupakan titik pertama Facebook untuk melakukan persaingan dengan google dalam hal pencarian.
Konsep Facebook kini semakin banyak ditiru di beberapa negara, salah satunya di indonesia sendiri dengan nama Kwikku (Kwikku.com).

Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali#51
Sumber:


Wikipedia.com
tips-dan-trik-pc.blogspot.com
webmuhammadiyah.blogspot.com
facelose.wordpress.com
tahupedia.com
markijar.com
asal-usul.com
historysander.blogspot.co.id



Demikianlah Artikel sejarah awal mula berdirinya facebook dan perkembangannya oleh perjuangan mark zukerberg

Sekian Artikel yang saya buat sejarah awal mula berdirinya facebook dan perkembangannya oleh perjuangan mark zukerberg, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan artikel kali ini.

Anda sedang membaca artikel sejarah awal mula berdirinya facebook dan perkembangannya oleh perjuangan mark zukerberg dan artikel ini url permalinknya adalah https://google-abcd.blogspot.com/2016/10/sejarah-awal-mula-berdirinya-Facebook-dan-perkembangannya-oleh-perjuangan-mark-zuckerberg.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "sejarah awal mula berdirinya facebook dan perkembangannya oleh perjuangan mark zukerberg"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali !